Apa kegunaan daun sirih?

Apa kegunaan daun sirih?

Jawaban:

Kesehatan, Obat herbal, seperti menyembuhkan luka, mencegah infeksi karena bakteri, obat rematik, menangkal radikal bebas, diabetes, diare, mengurangi keputihan, mengurangi aroma kurang sedap pada area intim, mengurangi nyeri haid.

Pembahasan:

Tanaman daun sirih banyak tumbuh di Indonesia yang manfaatnya digunakan untuk obat herbal. Sehingga sangat mudah didapatkan. Daun sirih mengandung protein, iodin, sodium, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, asam nikotinat, flavonoid, fenol, tannin, saponin, dan minyak atsiri. Daun sirih mempunyai dua jenis yaitu daun sirih hijau dan daun sirih merah. Daun sirih mempunyai bentuk daun yang cantic sehingga bagus apabila ditanam dan memperindah halaman rumah. Daun sirih merupakan tanaman yang mengandung kadar air yang tinggi. Sekitar 85-90% daun sirih merupakan air. Karena itulah daun sirih juga rendah kalori dan rendah lemak. Cara daun sirih untuk kesehatan ialah mulai dari menggulung daunnya untuk pengobatan pendarahan hidung atau mimisan, merebusnya untuk menghasilkan rebusan daun sirih, atau menggunakannya dalam bentuk minyak atsiri.

Jadi, kesimpulannya adalah Obat herbal, seperti menyembuhkan luka, mencegah infeksi karena bakteri, obat rematik, menangkal radikal bebas, diabetes, diare, mengurangi keputihan, mengurangi aroma kurang sedap pada area intim, mengurangi nyeri haid.

Tinggalkan komentar