Mengapa jepang memiliki 4 musim

Mengapa jepang memiliki 4 musim…

Jawaban :

Jepang secara astronomis terletak pada 24º-45ºLU dan 122º-153ºBT. Hal ini menyebabkan Jepang beriklim subtropis hingga sedang. Jepang memiliki empat musim, yaitu musim semi, panas, gugur, dan dingin.

Penjelasan :

1. Musim Semi

Musim semi yang berlangsung pada bulan Maret sampai dengan bulan Mei. Musim semi adalah waktu yang dinanti-nanti oleh banyak orang di Jepang.

Hal itu dikarenakan bunga Sakura akan mekar di seluruh Jepang. Biasanya awal musim semi juga ditandai dengan mekarnya bunga Sakura pada akhir bulan Maret setiap tahun. Musim semi juga menandakan suhu udara tak lagi dingin dan mulai hangat.

2. Musim Panas

Musim panas di Jepang berlangsung pada bulan Juni sampai dengan bulan Agustus. Setelah musim semi, biasanya suhu udara rata-rata di Jepang akan terus meningkat sepanjang Agustus.

Musim panas Jepang dimulai setelah cuaca hujan sering melanda sekitar bulan Mei hingga Juli. Bahkan dalam waktu yang lama dan cukup deras.

3 Musim Gugur

Selanjutnya, musim di Jepang pada bulan September sampai dengan November akan berlangsung musim gugur. Pada musim ini, banyak pepohonan mulai menguning dan berguguran dengan Indah.

4. Musim Dingin

Musim terakhir di Jepang adalah musim dingin atau musim salju. Musim ini berlangsung antara bulan Desember sampai dengan Februari.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa Jepang secara astronomis terletak pada 24º-45ºLU dan 122º-153ºBT. Hal ini menyebabkan Jepang beriklim subtropis hingga sedang. Jepang memiliki empat musim, yaitu musim semi, panas, gugur, dan dingin.

Baca Juga :  Jelasksn kondisi pertambangan minyak bumi dan gas alam di benua asia