Wilayah paling utara Thailand yang dijuluki sebagai Golden Triangle ( segitiga mas) merupakan salah satu penghasil opium terbesar di dunia. Perdagangan narkotika dan obat obatan terlarang atau drugs trafficking menjadi momok yang sangat menakutkan bagi setiap negara. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk mencegah persebaran opium masuk ke kawasan Indonesia adalah

Wilayah paling utara Thailand yang dijuluki sebagai Golden Triangle ( segitiga mas) merupakan salah satu penghasil opium terbesar di dunia. Perdagangan narkotika dan obat obatan terlarang atau drugs trafficking menjadi momok yang sangat menakutkan bagi setiap negara. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk mencegah persebaran opium masuk ke kawasan Indonesia adalah…

Jawaban :

Upaya yang dilakukan pemerintah untuk mencegah persebaran opium masuk ke kawasan Indonesia yaitu dengan memberikan hukuman yang berat terhadap pelaku/pengedar narkotika.

Penjelasan :

Untuk mencegah persebaran opium di kawasan Indonesia, ada beberapa upaya yang dapat kita lakukan sebagai masyarakat maupun upaya yang dilakukan pemerintah, diantaranya :
1. Memberikan sosialisasi , kampanye, serta penyuluhan mengenai Narkoba terutama untuk para penerus generasi bangsa.
2. Mendirikan Badan Narkotika Nasional ( BNN ).
3. Melakukan kerjasama antar negara guna mencegah peredaran Narkoba.
4. Memberikan hukuman yang berat , seperti saat ini Indonesia memberlakukan hukuman mati bagi para pengedar Narkoba.
5. Memantau, serta meningkatkan kesadaran masyarakat untuk ikut andil dalam melaporkan peredaran gelap Narkoba disekitar lingkungannya.
6. Menekan sikap apatisme di kalangan masyarakat guna menumbuhkan sikap saling peduli dan keharmonisan antar warganya.

Maka bisa disimpulkan bahwa, upaya yang dilakukan pemerintah untuk mencegah persebaran opium masuk ke kawasan Indonesia yaitu dengan memberikan hukuman yang berat terhadap pelaku/pengedar narkotika.

Tinggalkan komentar