Apa fungsi biji?

Apa fungsi biji?

Jawaban:

Biji adalah tempat penyimpan cadangan makanan bagi tumbuhan, sebagai alat perkembangbiakan dan sebagai pembentuk tumbuhan baru.

Pembahasan:

Biji adalah alat utama untuk berkembang biak. Bakal biji yang telah dibuahi pada tumbuhan secara agronomis menjadi salah satu hasil budidaya yang dapat difungsikan atau digunakan sebagai bahan konsumsi manusia dan dapat digunakan sebagai pakan berbagai jenis hewan ternak. Fungsi biji adalah :
1. Biji dapat digunakan untuk menyimpan cadangan makanan bagi tumbuhan dimana hasil fotosintesis tumbuhan akan disimpan dalam bentuk cadangan makanan. Cadangan makanan digunakan untuk bertahan hidup, terutama saat bahan makanan di tanah sedang menipis.
2. Biji mempunyai fungsi sebagai alat perkembangbiakan karena dapat menghasilkan tanaman baru. Cikal bakal tanaman dikenal dengan sebutan benih. Perkembangbiakan melalui biji dapat menghasilkan tanaman dengan pertumbuhan seragam dan lebih mudah dilakukan.
3. Biji dapat digunakan untuk pembentuk tumbuhan baru. Dengan menanamnya ditanah, biji akan berkembang dan tumbuh menjadi tumbuhan baru yang mempunyai sifat sama dengan induknya.

Jadi, kegunaan biji sebagai tempat penyimpan cadangan makanan bagi tumbuhan, sebagai alat perkembangbiakan dan sebagai pembentuk tumbuhan baru.

Tinggalkan komentar