Diatas yang menunjukkan kerjasama ASEAN di bidang politik adalah nomor

1. ZOPFAN, TAC, SEANWFZ, ACCT
2. ACCT, TAC, SEAMEO, ZOPFAN
3. TAC, SEAMEA, ZOPFAN, ADMM
4. SAEMEO, ZOPWAN, ADMM, MEA

Diatas yang menunjukkan kerjasama ASEAN di bidang politik adalah nomor…

Jawaban :

Nomor : 1. ZOPFAN, TAC, SEANWFZ, ACCT

Penjelasan :

Berdasarkan pilihan jawaban, kerjasama negara ASEAN di bidang politik diantaranya adalah ZOPFAN, TAC, SEANWFZ, dan ACCT.
1. ZOPFFAN ; ZOPFAN (Zoneof Peace, Freedom and Neutrality) adalah kerangka perdamaian dan kerja sama yang tidak hanya terbatas di kawasan Asia Tenggara tetapi mencakup kawasan Asia Pasifik yang lebih luas, termasuk dengan negara-negara besar (major powers) dalam bentuk tindakan menahan diri secara sukarela (voluntary self-restraints).

2. TAC ; Treaty of Amity and Cooperation in Southeast Asia (TAC) merupakan sebuah traktat yang bertujuan untuk menciptakan stabilitas politik dan keamanan di kawasan Asia Tenggara. TAC mengatur penyelesaian konflik diantara negara-negara pihak secara damai.

3. SEANWFZ ; Kawasan Bebas Senjata Nuklir Asia Tenggara adalah sebuah kawasan bebas senjata nuklir yang meliputi negara-negara anggota Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara.

4. ACCT ; Konvensi ASEAN tentang Pemberantasan Terorisme (ASEAN Convention on Counter Terrorism/ACCT) adalah kerja sama pemberantasan kejahatan lintas negara yang mencakup pemberantasan terrorisme, perdagangan obat terlarang, pencucian uang, penyelendupan dan perdagangan senjata ringan dan manusia, bajak laut, kejahatan internet dan kejahatan ekonomi internasional.

Tinggalkan komentar