Jelaskan pengaruh letak astronomis dan letak geografis terhadap kondisi iklim benua Afrika, Amerika, Eropa, dan Australia!

Jelaskan pengaruh letak astronomis dan letak geografis terhadap kondisi iklim benua Afrika, Amerika, Eropa, dan Australia!

Jawaban dan Penjelasan :

1. Kondisi iklim Afrika Secara astonomis Benua Afrika terletak diantara 37º LU – 34º LS dan 17º BB – 51º BT. Iklim Benua Afrika dapat dibedakan menjadi empat wilayah iklim, yaitu sebagai berikut:

Daerah iklim sedang (subtropis)Daerah iklim sedang/subtropis, meliputi daerah di pantai tenggara Afrika Selatan,wilayah selatan, dan garis balik selatan.

Daerah iklim tropis. Daerah iklim tropis adalah daerah di sekitar akuator. Daerah ini mengalami curah hujan yang teratur. Namun, curah hujan semakin berkurang untuk daerah yang semakin jauh dari ekuator. Sepanjang pantai Afrika Barat, Kenya, Uganda, serta bagian pantai di wilayah timur mengalami panas dan hujan sepanjang tahun. Daerah iklim gurun. Daerah iklim gurun terdapat di wilayah afrika bagian utara (wilayah gurun) dansebagian barat daya benua. Daerah beriklim gurun dapat mengalami kering sepanjang tahun. Daerah iklim mediterania. Daerah iklim mediterania terdapat di wilayah paling utara afrika sekitar laut tengah.

2. Kondisi iklim Benua Amerika Letak Astronomis Benua Amerika : 35 BB- 170BB dan 83 LU- 55 LS. Benua Amerika memiliki iklim yang beragam, berdasarkan letak setiap kawasan. Keempat iklim di Benua Amerika tersebut adalah sebagai berikut.

1. Iklim kutub, yakni iklim yang berciri musim dingin yang panjang dan musim panas yang sangat pendek. Iklim ini memengaruhi daerah paling utara.

2. Iklim subtropis, yakni iklim yang berciri adanya empat musim. Empat musim tersebut ialah musim dingin, semi, panas, dan gugur. Iklim ini meliputi kawasan sebelah selatan kawasan paling utara.

3. Iklim tropis, yakni iklim yang berciri curah hujan tinggi, kelembapan tinggi, dan suhu yang panas sepanjang tahun. Iklim tropis meliputi sebagian besar kawasan Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

4. Iklim gurun, yakni iklim yang berciri perubahan suhu yang selalu berubah-ubah dengan cepat serta curah hujan yang rendah.

Iklim ini meliputi kawasan-kawasan yang berada di balik pegunungan. 3. Benua Australia Letak astronomis benua Australia : 113 BT- 155 BT dan 10 LS – 43 LS. Apabila ditinjau dari garis lintangnya, Australia memiliki 3 wilayah iklim.

1. Iklim tropis, terletak di 10’LS – 23’LS terdapat di Australia bagian utara.

2. Iklim subtropis, terletak di 23’LS – 35’LS terdapat di Australia bagian selatan.

3. Iklim sedang, terletak di 35’LS – 44’LS terdapat di selatan Victoria dan Tasmania. Iklim di Australia juga dipengaruhi oleh arus samudra, jarak dari laut dan bentang alam. Di sekitar pantai utara, barat, dan timur suhunya relatif hangat karena pengaruh mengalisrnya arus panas. Sedangkan di sepanjang pantai selatan dan Tasmania suhu udara relatif dingin akibat mengalirnya arus dingin. Daerah-daerah yang terletak dekat pantai udaranya lembap, sedangkan wilayah tengah Australia, karena letaknya jauh dari laut, dan wialayahnya berupa gurun, udaranya sangat kering.

4. Benua Asia Benua Asia terletak di 77º LU-11º LS dan 26º BT-169º BT.

Kondisi iklim di Benua Asia adalah sebagai berikut : Asia Utara : Continental Kutub, terutama wilayah Siberia Utara; Asia Tengah : Continental Kering, terutama Gurun Gobi. Asia Barat : Darat atau gurun, terutama Jazirah Arab dan Plato Iran Iklim Mediterania, terutama Jazirah Anatolia. Asia selatan dan Tenggara : Tropis Basah. Jepang dan Semenanjung Korea : Sub Tropis 5. Benua Eropa Secara astronomis, Benua Eropa terletak antara 35°LU – 71°06’LU dan 9°27’BB -66°20’BT.

Keadaan Iklim Benua Eropa adalah Di bagian pantai Barat dipengaruhi iklim laut dari Samudra Atlantik, arus hangat yangmengalir dari Samudra Atlantik menyebabkan kawasan pantai di daerah tersebut tidak membeku.Di bagian tengah terjadi peralihan iklim maritim yang basah ke iklim kontinen yang kering. Di bagian Selatan dipengaruhi iklim Laut Mediterania dan angin dari kawasan gurun yangpanas, sehingga kondisi cuacanya menjadi lebih hangat. Di bagian Utara dipengaruhi iklim kutub yang dingin

Check Also

Berdasarkan bentuk secara geografis negara ASEAN memiliki ciri yaitu

Berdasarkan bentuk secara geografis negara ASEAN memiliki ciri yaitu… Jawaban : Berdasarkan bentuk secara geografis, …