Kandungan asap kendaraan bermotor adalah?

Kandungan asap kendaraan bermotor adalah?

Jawaban:

Kandungan asap kendaraan bermotor diantaranya adalah karbon monoksida, hidrokarbon, sulfur dioksida dan karbon dioksida.

Pembahasan:

Tidak semua gas yang terkandung dalam asap kendaraan bermotor berbahaya, tetapi beberapa di antaranya bisa menyebabkan kematian pada manusia dan merusak atmosfer diantaranya adalah :

1.Karbon Monoksida : gas ini tidak berbau dan berwarna, tetapi berbahaya karena dapat mengikat haemoglobin dalam darah dan menyebabkan manusia mati lemas kalau terisap dalam jumlah banyak.

2. Hidrokarbon : biasanya terbentuk dari partikel hidrogen dan karbon yang berasal dari bensin (benzena) dapat menyebabkan kanker pada manusia.

3. Sulfur dioksida : gas yang bau ini dalam jangka pendek bisa menyebabkan iritasi pada saluran pernafasan dan menyebabkan batuk, bersin, dan sesak napas. Dalam jangka panjang ditengarai menjadi salah satu penyebab timbulnya asma.

4. Karbondioksida : merupakan emisi rumah kaca yang menyerap dan menahan panas dan berperan besar dalam pemanasan global serta perubahan iklim yang terjadi sekarang.

Baca Juga :  Sebutkan contoh makanan sehat!