Faktor geografis menyebabkan berpotensi dalam pertanian adalah

Faktor geografis menyebabkan berpotensi dalam pertanian adalah ….
a. Keanekaragaman masyarakat Indonesia sehingga kemampuan mengolah lahan pertanian yang bervariasi
b. Peran teknologi yang semakin maju sehingga dapat meningkatkan produksi pertanian
c. Seluruh tanah di Indonesia subur untuk beragam pertanian sehingga tidak perlu di pupuk
d. Beriklim tropis sehingga memiliki curah hujan yang tinggi dan berada di jalur gunung api sehingga tanahnya subur Indonesia merupakan negara kepulauan yang

Jawaban :

D.Beriklim tropis sehingga memiliki curah hujan yang tinggi dan berada di jalur gunung api sehingga tanahnya subur Indonesia merupakan negara kepulauan yang

Penjelasan :

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki letak geografis yang diapit oleh beberapa lempeng tektonik, yaitu Lempeng Eurasia, Lempeng Indo-Australia, Lempeng Pasifik, dan jalur pegunungan sirkum mediterania dan sirkum pasifik. Indonesia berapa di wilayah khatulistiwa. Keadaan tersebut menjadikan Indonesia menjadi sebuah negara beriklim tropis yang mendapat curah hujan tinggi.

Beberapa potensi yang telah dikembangkan di sektor pertanian antara lain:
1. Padi di hampir semua daerah di Indonesia
2. Jagung, tanaman yang sempat menjadi makanan pokok masyarakat Madura dan NTT dihasilkan di daerah tersebut, walaupun pulau Jawa juga menyumbang jumlah yang signifikan.
3. Ubi Kayu (Singkong).

Tanaman tersebut yang mudah ditanam di tanah basah atau kering dan bisa tumbuh di ketinggian hingga 800 mdpl. Pemasok terbanyak tanaman ini di Indonesia adalah Jawa Barat.

Maka faktor geografis suatu wilayah sangat penting, contohnya Indonesia karena berada di jalur vulkanis yang cukup aktif, menjadikan Indonesia memiliki banyak gunung berapi. Artinya Indonesia memiliki tanah yang akan mineral dan subur, dan itu sangat baik untuk pertanian.

Baca Juga :  Apa kelemahan negara yang Berbentuk Fragmanted