Sebutkan 3 macam penyakit yang muncul pada cuaca ekstrem?

Sebutkan 3 macam penyakit yang muncul pada cuaca ekstrem?

Jawaban:

Penyakit yang menyerang ketika cuaca ekstrem adalah flu, demam berdarah dan asma.

Penyakit yang menyerang manusia dapat disebabkan karena beberapa faktor, salah satunya adalah cuaca ekstem. Contoh penyakit yang disebabkan cuaca ekstem:

1. Virus influenza/ flu dapat ditularkan melalui air liur pasien yang keluar pada saat pasien batuk, bersin atau melalui kontak langsung dengan ludah, air liur, ingus pasien. Gejala dari influenza/ flu antara lain rasa tidak enak badan, demam, rasa pegal linu, lemas, lesu, bersin-bersin dan terasa nyeri di otot-otot dan sendi.

2. Demam berdarah adalah penyakit disebabkan oleh virus dengue (Flavivirus) melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Infeksi flavivirus menyebabkan turunnya jumlah trombosit dalam tubuh penderita. Gejala awal yang sering timbul pada penderita demam berdarah yaitu demam tinggi, timbul bercak merah, terutama pada lekukan tubuh, mimisan, sakit kepala, dan kadang-kadang disertai mual dan muntah.

3. Asma merupakan salah satu jenis penyakit kronis yang terdapat pada saluran pernapasan. Sebagai penandanya adalah sesak napas yang bisa disebabkan adanya peradangan ataupun penyempitan saluran napas. Orang yang mengidap asma memiliki sensitivitas yang lebih terhadap berbagai zat pemicu, misalnya debu, asap, cuaca atau bulu hewan.

Baca Juga :  Tulang yg berfungsi sebagai tempat pembentukkan sel darah merah adalah