Kenapa di Indonesia beragam jenis ikan hias?

Kenapa di Indonesia beragam jenis ikan hias?

Jawaban :

Indonesia terletak di daerah Indo-pasifik, memiliki total garis pantai sepanjang 108.000 kilometer dan terdiri dari kurang lebih 17.504 pulau. Kondisi geografis ini menjadikan Indonesia sebagai negara yang kaya akan keragaman hayati baik di darat maupun di wilayah perairan seperti ikan hias.

Penjelasan :

Indonesia terletak di daerah Indo-pasifik, memiliki total garis pantai sepanjang 108.000 kilometer dan terdiri dari kurang lebih 17.504 pulau. Kondisi geografis ini menjadikan Indonesia sebagai negara yang kaya akan keragaman hayati baik di darat maupun di wilayah perairan.

perairan di Kawasan Timur Indonesia yang meliputi Sulawesi, Kepulauan Nusa Tenggara, Bali, Kepulauan Maluku dan Papua, termasuk dalam wilayah World Coral Triangle.

Kawasan ini memiliki keanekaragaman biota laut paling tinggi di dunia. Bukan hanya karang, perairan Indonesia juga memiliki kekayaan sumber daya ikan yang melimpah seperti ikan hias.

Ikan hias adalah salah satu komoditas andalan Indonesia sejak lama dan menjadi salah satu andalan ekspor bagi Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Tetapi, potensi ekonomi ikan hias hingga saat ini masih tergarap dengan maksimal.

Bukti bahwa potensi ekonomi ikan hias dari Indonesia sangat besar, adalah jumlah spesies yang mencapai 4.730 jenis ikan air tawar dan 650 jenis ikan air laut. Baru beberapa jenis saja yang sudah digarap dan dikembangkan sebagai komoditas ekspor.

Jenis yang biasa diekspor, adalah botia, arwana, discus, cupang, tiger fish, guppy, udang hias. Jenis ikan hias laut yang paling banyak diekspor seperti udang hias, angel fish, bintang laut, dan jenis invertebrata.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa Indonesia terletak di daerah Indo-pasifik, memiliki total garis pantai sepanjang 108.000 kilometer dan terdiri dari kurang lebih 17.504 pulau. Kondisi geografis ini menjadikan Indonesia sebagai negara yang kaya akan keragaman hayati baik di darat maupun di wilayah perairan seperti ikan hias.

Tinggalkan komentar