Sebutkan tiga sikap yang perlu dicontoh oleh bangsa Indonesia dari Jepang sebagai negara maju dan Asia supaya menjadi negara maju

Sebutkan tiga sikap yang perlu dicontoh oleh bangsa Indonesia dari Jepang sebagai negara maju dan Asia supaya menjadi negara maju…

Jawaban :

Negara Jepang merupakan salah satu negara maju di Benua Asia. Jepang mengembangkan teknologi modern dan inovasi mengenai teknologi. Jepang menjadi negara maju pada akhir abad ke 19 dengan inovasi dibidang sains dan teknologi.

Ada beberapa hal yang dapat kita contoh dari negara Jepang yang dapat mendorong kita menjadi negara maju diantaranya:

– Membaca dijadikan sebagai budaya, di Jepang kegiatan membaca menjadi budaya yang tidak lepas dari mereka bahkan saat di dalam kendaraan umum mereka membaca bisa melalui handphone atau buku fisik.
– Menghargai proses bukan hasilnya, di Jepang proses untuk menuju kesuksesan tidaklah mudah banyak halangan dan rintangan sehingga kita bisa belajar dan bekerja lebih keras lagi untuk mencapai itu semua.
– Memiliki loyalitas yang tinggi, para pekerja di Jepang hanya akan bekerja pada satu atau dua tempat saja karena rata-rata gaji di perusahaan Jepang relatif sama.
– Memiliki semangat dalam inovasi dan improvisasi yang tinggi dalam merancang sesuatu.

Jadi, sikap budaya membaca, menghargai proses, memiliki loyalitas dan semangat dalam inovasi menjadi Jepang berkembang menjadi negara maju.

Tinggalkan komentar