Apakah kabut asap berbahaya?

Apakah kabut asap berbahaya?

Jawaban:

Kabut asap yang merupakan polusi udara dapat menyebabkan peristiwa efek rumah kaca dan membuat manusia mengalami beberapa penyakit.

Pencemaran udara dapat menyebabkan banyak dampak bagi atmosfer, salah satunya efek rumah kaca. Efek rumah kaca adalah fenomena ketika panas matahari di bumi terperangkap, sehingga bumi menjadi semakin panas. Sebenarnya, efek rumah kaca ini juga dibutuhkan bumi dalam jumlah tertentu. Efek rumah kaca dibutuhkan bumi untuk menjaga perbedaan suhu di siang hari dan di malam hari supaya tidak terlalu berbeda. Meskipun demikian, jika terlalu banyak panas matahari yang terperangkap di bumi, hal ini juga bisa membahayakan manusia.

Penyebab terjadinya efek rumah kaca adalah peningkatan jumlah emisi gas antara lain karbondioksida, karbon monoksida, dan nitrogen oksida yang mencemari udara. Peningkatan gas karbondioksida disebabkan oleh asap pabrik, asap kendaraan, dan asap hasil pembakaran sampah atau limbah. Karbon monoksida dihasilkan dari pembakaran gas, minyak, petrol, bahan bakar padat atau kayu. Nitrogen oksida dihasilkan dari pembakaran bahan bakar seperti minyak bumi dan penggunaan pupuk kimia.

Selain berdampak pada lingkungan, kabut asap juga dapat berdampak bagi kesehatan manusia. Beberapa penyakit akibat kabut asap antara lain :
1. Meningkatkan risiko terjadinya gangguan paru-paru
2. Menyebabkan batuk dan iritasi tenggorokan
3. Meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung
4. Menyebabkan iritasi mata
5. Meningkatkan risiko terkena kanker paru-paru
6. Menimbulkan iritasi dan peradangan kulit

Tinggalkan komentar