Mengidentifikasi perekonomiannya negar ngara ASEAN 

Mengidentifikasi perekonomiannya negar ngara ASEAN

Jawaban :

Sebagian besar negara-negara di ASEAN merupakan negara berkembang, kecuali Singapura yang merupakan negara maju dikarenakan perekonomian di negara-negara ASEAN masih bergantung pada kekayaan sumber daya alam dan sedikit di bidang industri.

Penjelasan :

ASEAN atau Association of Southeast Asian Nations merupakan organisasi bagi negara-negara di wilayah Asia Tenggara. ASEAN terdiri atas 10 negara anggota, yaitu Indonesia, Singapura, Thailand, Malaysia, Filipina, Brunei Darussalam, Laos, Kamboja, Myanmar, dan Vietnam. Tujuan terbentuknya ASEAN adalah untuk menciptakan kedamaian, keamanan, stabilitas, dan kesejahteraan di kawasan Asia Tenggara. Untuk mencapai tujuan tersebut, negara anggota ASEAN menjalin kerja sama di berbagai bidang. Sebagian besar negara-negara di ASEAN merupakan negara berkembang, kecuali Singapura yang merupakan negara maju. Perekonomian di negara-negara ASEAN masih bergantung pada kekayaan sumber daya alam dan sedikit di bidang industri.

Adapun kegiatan ekonomi masyarakat ASEAN adalah sebagai berikut.
• Sebagian besar masyarakat bermata pencaharian sebagai petani, kecuali di negara Malaysia, Brunei Darussalam, dan Singapura.
• Untuk penduduk yang tinggal di dekat sungai, danau, dan pantai bermata pencaharian sebagai nelayan atau peternak ikan.
• Bekerja di bidang pertambangan dalam pengambilan dan pengolahan hasil tambang.
• Bekerja sebagai pembalak yang mengumpulkan kayu hutan untuk diperjualbelikan dalam negeri dan luar negeri.
• Pada bidang industri kerajinan yang hasilnya dipasarkan ke dalam negeri dan luar negeri.

Oleh karena itu, maka dapat disimpulkan bahwa perekonomian negara-negara ASEAN adalah sebagian besar negara-negara di ASEAN merupakan negara berkembang, kecuali Singapura yang merupakan negara maju dikarenakan perekonomian di negara-negara ASEAN masih bergantung pada kekayaan sumber daya alam dan sedikit di bidang industri.

Tinggalkan komentar