Jelaskan negara yang memiliki bentuk geografis fragmented!

Jelaskan negara yang memiliki bentuk geografis fragmented!

Jawaban :

Bentuk negara fragmented adalah negara yang bagiannya terpisah-pisah oleh kondisi geografis, seperti negara lain atau lautan, dan menjadi bagian-bagian.

Penjelasan :

Negara berbentuk fragmented adalah negara yang bagiannya terpisah-pisah oleh kondisi geografis, seperti negara lain atau lautan, dan menjadi bagian-bagian. Seperti negara Brunei yang berbentuk fragmented karena terpisah menjadi daratan Brunei dan wilayah Temburong, dipisahkan oleh negara bagian Serawak, Malaysia. Malaysia sendiri adalah negara yang berbentuk fragmented karena terpisah menjadi dua bagian, Malaysia Barat yang terletak di Semenanjung Malaya, dan Malaysia Timur, yang terletak di pulau Kalimantan bagian utara. Indonesia dan Filipina juga negara yang berbentuk fragmented karena terdiri dari pulau-pulau yang terpisah oleh lautan. Indonesia terdiri dari lima pulau utama yaitu Pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi dan Papua dan ribuan pulau kecil lainnya. Sementara Filipina terdiri dari Pulau Luzon dan Mindanao serta kepulauan Visayas.

Maka bisa disimpulkan bahwa, Bentuk negara fragmented adalah negara yang bagiannya terpisah-pisah oleh kondisi geografis, seperti negara lain atau lautan, dan menjadi bagian-bagian.

Tinggalkan komentar