Benua berikut yang memiliki topografi relatif rata adalah

Benua berikut yang memiliki topografi relatif rata adalah ….
a. Benua Asia
b. Benua Australia
c. Benua Afrika
d. Benua Amerika

Jawaban :

c. Benua Afrika

Penjelasan :

Benua Asia merupakan benua terbesar di dunia. Luas Benua Asia mencapai 44.391.000 km2 yang terdiri dari daratan dan perairan. Adapun daratan benua Asia terbentang dari daratan Afrika hingga Eurasia (Eropa-Asia) serta dari Terusan Suez, pegunungan Ural, dan Pegunungan Kaukasus.

Rangkaian pegunungan berapi terpanjang sedunia berhasil ditemukan di Australia. Pegunungan berapi tersebut membentang dari Utara Australia di Queensland hingga ke dekat Kota Melbourne di Pantai Selatan Australia. Pegunungan berapi tersebut membentang sepanjang 1.243 mil atau lebih dari 2.000 km.

Afrika adalah benua terbesar kedua di dunia. Wilayahnya dibatasi oleh Laut Mediterania, Laut Merah, Samudera Hindia, dan Samudera Atlantik. Dibandingkan benua lainnya, Benua Afrika memiliki wilayah yang paling tropis. Iklim dan vegetasinya berkisar dari hutan hujan khatulistiwa, gurun tropis, dan padang rumput sabana. Dalam hal struktur dan fitur relief, Afrika tampak berbeda dari benua lain. Permukaan di Benua Afrika hampir selalu terdiri dari massa tanah yang stabil.

Keadaan alam di Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan memiliki karakteristik yang tidak sama. Hal ini menyebabkan kondisi bentang alam Benua Amerika memiliki variasi tinggi. Kawasan Amerika Utara dipadati pegunungan kompleks yang merupakan rangkaian Pegunungan Rocky. Pegunungan ini terdiri dari Pegunungan Cascade, Pegunungan Sierra Madre Barat, dan Sierra Madre Nevada. Sementara di Amerika Selatan, ada Pegunungan Andes yang memiliki puncak tertinggi di Gunung Aconcagua (6.959 mdpl). Ditemukan pula Dataran Tinggi Guyana, Dataran Tinggi Patagonia, dan Dataran Tinggi Brasil.

Jadi, Benua yang memiliki topografi relatif rata adalah c. Benua Afrika

Tinggalkan komentar