Apa yang anda ketahui tentang ilmu geografi!

Apa yang anda ketahui tentang ilmu geografi!

Jawaban :

Ilmu yang menjelaskan persamaan dan perbedaan fenomena serta gejala di Bumi dalam konteks keruangan.

Penjelasan :

Geografi berasal dari Bahasa Yunani kuno, yaitu geos dan graphien. Geos artinya bumi dan graphien artinya menggambarkan atau mendeskripsikan. Secara harfiah, geografi adalah Geografi adalah ilmu yang menjelaskan persamaan dan perbedaan fenomena serta gejala di Bumi dalam konteks keruangan.

Fenomena geografi adalah fakta, kejadian atau keadaan alam yang diamati atau diobservasi. Fenomena geografi dapat terjadi apabila ada interaksi antara manusia dan alam atau lingkungan. Fenomena tersebut dapat diteliti melalui penelitian geografi.

Ilmu geografi memiliki cabang ilmu geografi fisik dan geografi manusia. Geografi fisik adalah ilmu yang mempelajari gejala alamiah permukaan bumi seperti Geologi, Ilmu Tanah, Geomorfologi, Oseanografi, serta Meteorologi dan Klimatologi. Sementara geografi manusia adalah ilmu yang mempelajari aspek keruangan sebagai tempat aktivitas manusia seperti Geografi Ekonomi, Geografi Permukiman, Geografi Politik, dan Geografi Sosial.

Dari penjelasan tersebut, maka ilmu geografi adalah ilmu yang menjelaskan persamaan dan perbedaan fenomena serta gejala di Bumi dalam konteks keruangan.

Tinggalkan komentar