Jelaskan perbedaan benua Asia dan benua Australia!

Jelaskan perbedaan benua Asia dan benua Australia!

Jawaban :

Perbedaan antara Benua Asia dan Benua Australia dapat dilihat dari letak astronomis, geografis, geologi, serta penyebaran flora dan fauna di benua tersebut.

Penjelasan :

1. Benua Asia

Letak astronomis Benua Asia berada di antara 26º Bujur Timur (BT) – 170º Bujur Timur (BT) dan 11º Lintang Selatan (LS) – 80º Lintang Utara (LU).

Dari segi letak geografis, sebagian besar wilayah daratan Benua Asia berlokasi di belahan bumi utara (BBU) dan sebagian kecil lainnya di selatan. Wilayah Benua Asia yang ada di belahan bumi selatan umumnya berupa kepulauan, termasuk Negara Indonesia.

Benua Asia merupakan benua terbesar di dunia dengan luas mencapai 44.000.000 km². Secara geografis, wilayah Benua Asia memanjang dari belahan utara di Rusia sampai belahan selatan di Indonesia dan membentang dari belahan timur di Rusia sampai belahan barat di Turki.

Berikut batas-batas wilayah Benua Asia:

Batas utara: Samudera Arktik
Batas timur: Samudra Pasifik dan Selat Bening
Batas selatan: Samudra Hindia
Batas barat: Laut Tengah, Laut Merah, dan Pengunungan Ural.
Sementara pembagian kawasan Benua Asia terdiri atas beberapa regional, yakni:

Asia Barat atau Asia Timur Tengah
Asia Tengah
Asia Timur
Asia Selatan
Asia Tenggara.
Asia Utara (wilayah Rusia).
Selain itu, pembagian regional di Benua Asia juga bisa didasarkan pada karakteristik kebudayaan di masing-masing kawasan.

2. Benua Australia

Letak astronomis, Benua Australia berada di antara 113º Bujur Timur (BT) – 115º Bujur Timur (BT) dan 10º Lintang Selatan (LS) – 43º Lintang Selatan (LS).

Jika dilihat dari letak geografisnya, Benua Australia berada di bagian selatan wilayah Indonesia. Letaknya menyendiri di belahan bumi bagian selatan dengan topografi paling rata dibandingkan benua yang lain.

Sebagian wilayah Benua Australia adalah kawasan plato rendah. Adapun penduduk Benua Australia sebagian besar merupakan Ras Kaukasoid yang berasal dari Eropa.

Batas-batas wilayah Benua Australia ialah sebagai berikut:

Batas utara: Laut Timor, Luat Arafuru, dan Selat Flores
Batas timur: Samudra Pasifik, Laut Tasman, dan Laut Coral
Batas selatan: Samudra Hindia
Batas barat: Samudra Hindia.
Australia adalah Benua terkecil di dunia. Daratan utama Benua Australia hanya terdiri atas satu negara, yakni Australia. Oleh karena itu, Australia sering kali disebut sebagai negara benua.

Luas benua Australia mencapai 8.945.000 km persegi. Lebar wilayah benua ini sekitar 3.200 km dan panjangnya 3.700 km.

Adapun pembagian kawasan Benua Australia terdiri dari 6 negara bagian dan 2 wilayah teritorial. Berikut daftar negara-negara bagian dan wilayah teritorial di Benua Australia:

New South Walles: Ibu Kota di Sydney
Queensland: Ibu Kota di Brisbane
Australia Barat: Ibu Kota di Perth
Australia Selatan: Ibu Kota di Adelaide
Victoria: Ibu Kota di Melbourne
Tasmania: Ibu Kota di Hobart
Teritorial Ibukota Australia: Ibu Kota di Canberra
Teritorial Australia Utara: Ibu Kota di Darwin

Jadi, dapat disimpulkan bahwa Perbedaan antara Benua Asia dan Benua Australia dapat dilihat dari letak astronomis, geografis, geologi, serta penyebaran flora dan fauna di benua tersebut.

Tinggalkan komentar