Sebutkan manfaat bekerja sama dengan negara lain!

Sebutkan manfaat bekerja sama dengan negara lain!

Jawaban :

Manfaat bekerja sama dengan negara lain ialah dapat memajukan kesejahteraan ekonomi antar negara; meningkatkan perdamaian dan kerjasama antar negara; mencegah rusaknya atau dilupakannya suatu budaya; memajukan negara dalam bidang iptek, meningkatkan kemampuan keamanan dan pertahanan; hubungan Antarnegara yang semakin erat.

Penjelasan ;

Kerjasama dengan negara lain juga bisa disebut dengan kerjasama internasional , yaitu kerjasama yang akan melibatkan negara – negara di seluruh dunia atau sebagian besarnya. Kerjasama Internasional ini akan bersifat umum, tidak terikat pada jumlah anggota, asal negara, dan persyaratan lainnya. Ini berarti, kerjasama internasional tidak mengharuskan anggotanya berasal dari wilayah tertentu, bahkan semakin banyak yang bergabung, hal itu akan semakin baik. Jadi, kerjasama internasional merupakan kerjasama yang dilakukan oleh banyak negara dan tidak ada persyaratan khusus di dalamnya.Adapun manfaat dari hubungan kerjasama ini beberapa diantaranya adalah:

1. Menguntungkan Dalam Kesejahteraan Ekonomi
Bidang ekonomi menjadi salah satu tujuan utama dilaksanakannya kegiatan kerjasama internasional. Melalui kerjasama internasional ini, tiap negara bisa melakukan promosi produk ke negara lain. Negara lain juga bisa mengimpor berbagai barang dari negara lainnya, yang bisa menyebabkan kesejahteraan rakyat semakin meningkat.

2. Ketertiban Dan Kedamaian Dunia Yang Semakin Terjaga
Mewujudkan perdamaian dunia sehingga kehidupan akan menjadi tenteram dan damai adalah mimpi dari berbagai negara. Dengan adanya kerjasama internasional maka kehidupan di dunia akan lebih tenang, permasalahan yang ada akan bisa diselesaikan dengan bijak.

3. Mencegah Rusaknya Atau Dilupakannya Suatu Budaya
Kerjasama internasional juga bisa menjadi pertahanan untuk menanggulangi berbagai kemungkinan yang dapat merusak budaya serta hal- hal yang bertentangan dengan ideologi suatu negara.

4. Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Yang Semakin Meningkat
Negara maju akan bisa membantu perkembangan teknologi serta ilmu pengetahuan di negara lainnya.

5. Meningkatkan Sektor Pertahanan Dan Keamanan
Kerjasama ini juga akan membantu suatu negara untuk meningkatkan pertahanan dan keamanan suatu negara.

6. Hubungan Antarnegara Yang Semakin Erat
Hubungan antarnegara adalah hal yang penting, apalagi jika suatu negara saling bertetangga. Hubungan yang erat juga bisa menghindari berbagai macam konflik kedepannya. Sehingga akan sangat baik jika suatu negara menjalin hubungan yang erat lewat kerjasama internasional

Jadi, dapat disimpulkan manfaat bekerja sama dengan negara lain ialah dapat memajukan kesejahteraan ekonomi antar negara; meningkatkan perdamaian dan kerjasama antar negara; mencegah rusaknya atau dilupakannya suatu budaya; memajukan negara dalam bidang iptek,meningkatkan kemampuan keamanan dan pertahanan; hubungan Antarnegara yang semakin erat.

Tinggalkan komentar