Jelaskan masing masing 2 peran masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) terhadap perekonomian negara negara anggota ASEAN secara positif dan negatif

Jelaskan masing masing 2 peran masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) terhadap perekonomian negara negara anggota ASEAN secara positif dan negatif…

Jawaban dan Penjelasan :

Masyarakat Ekonomi ASEAN (ASEAN Economic Community/AEC) dibentuk untuk mewujudkan integrasi ekonomi ASEAN, yakni tercapainya wilayah ASEAN yang aman dengan tingkat dinamika pembangunan yang lebih tinggi dan terintegrasi, pengentasan masyarakat ASEAN dari kemiskinan,serta pertumbuhan ekonomi untuk mencapai kemakmuran yang merata dan berkelanjutan. Untuk itu MEA memiliki empat karakterisik utama, yaitu pasar tunggal dan basis produksi, kawasan ekonomi yang berdaya saing tinggi, dan kawasan dengan pembangunan ekonomi yang merata, serta kawasan yang terintegrasi penuh dengan ekonomi global.

Dampak positif MEA terhadap perekonomian negara-negara di ASEAN adalah sebagai berikut :
1. Peningkatan kapasitas ekspor yang akan berdampak pula pada peningkatan GDP setiap negara anggota ASEAN.
2. Peningkatan kegiatan produksi dalam negeri secara kuantitas dan kualitas yang disebabkan oleh peningkatan permintaan akibat adanya pasar bebas barang dan jasa di kawasan Asia Tenggara.
3. Mendorong pertumbuhan ekonomi setiap negara anggota ASEAN secara merata yang juga berdampak pada pemerataan pendapatan pada masyarakat serta stabilitas ekonomi nasional maupun regional.
4. Peningkatan devisa negara melalui bea masuk dan biaya lain sebagai dampak dari peningkatan kegiatan ekspor dan impor dengan adanya MEA, selain itu kebutuhan dalam negeri juga dapat terpenuhi dengan baik.

Sementara itu, dampak negatif MEA terhadap perekonomian negara-negara di ASEAN adalah sebagai berikut :
1. meningkatnya kompetisi terhadap produk-produk dalam negeri dan luar negeri.
2. eksploitasi terhadap sumberdaya alam maupun sumberdaya manusia.

Tinggalkan komentar