Pengaruh geografis benua eropa

Pengaruh geografis benua eropa…

Jawaban :

Letak geografis Benua Eropa memberikan pengaruh pada negara-negara nya, diantaranya adalah kondisi iklim, jalur perdagangan, dan kondisi alam.

Penjelasan :

Secara geografis, Benua Eropa bagian utara berbatasan dengan Samudra Artik, bagaian selatan berbatasan dengan Lau Tengah, Samudra Atlantik pada bagian barat dan Benua Asia aada bagian Timur. Kondisi tersebut memberikan pengaruh pada negara-negara yang ada di Benua Eropa, diantaranya adalah:
> Kondisi Iklim -> Eropa bagian barat dan kepulauan Inggris beriklim sedang (dipengaruhi lautan), Eropa bagian tengah dan timur beriklim sedang (dipengaruhi daratan), Eropa bagian utara beriklim sub artik, dan Eropa bagian selatan beriklim mediterania (dipengaruhi Laut Tengah).
> Jalur Perdagangan -> Benua Eropa memiliki jalur perdagangan yang potensial karena letaknya dekat dengan dua benua besar, yaitu Benua Asia dan Benua Amerika.
> Kondisi Alam -> Benua Eropa memiliki kondisi alam yang memungkinkan penduduknya melakukan pengelolaan bidang pertanian, peternakan, dan perdagangan. Hal tersebut membuat perekonomian negara-negara di Benua Eropa berkembang cukup maju.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa letak geografis Benua Eropa memberikan pengaruh pada negara-negara nya, diantaranya adalah kondisi iklim, jalur perdagangan, dan kondisi alam.

Tinggalkan komentar