Bagaimana kondisi wilayah Indonesia, daratan lautan dan udara menurut zona ekonomi exclusive?

Bagaimana kondisi wilayah Indonesia, daratan lautan dan udara menurut zona ekonomi exclusive?

Jawaban :

Kondisi wilayah daratan menurut zona ekonomi eksklusif yaitu, berbatasan langsung dengan 3 negara tetangga.

Berikut adalah penjelasannya.

Kondisi wilayah daratan, lautan dan udara Indonesia menurut zona ekonomi eksklusif, yaitu:
1. Batas daratan adalah batasan negara yang berada di darat dan secara langsung berbatasan dengan wilayah lainnya, batas ini bisa berupa hutan, gunung, dan bentangan darat lainnya, baik mempunyai akses ataupun tidak sesuai dengan kesepakatan negara yang berbatasan. Indonesia sendiri berbatasan langsung di darat dengan 3 negara. Yaitu Papua New Guinea (berbatas dengan Prov. Papua), Timor Leste (berbatasan dengan Prov. Nusa Tenggara Timur), dan Malaysia (berbatas dengan Prov.Kalimantan Barat dan Timur).

2. Dalam menentukan perbatasan laut biasanya memakai metode penarikan garis dari bagian pantai yang paling rendah ketika surut hingga beberapa mil ke depan. Dalam batas laut ini ada beberapa zona, diantaranya adalah batas laut teritorial, yang ditarik dari sebuah garis dasar dengan jarak 12 mil (19,3 km) ke luar ke arah laut lepas. Batas landas kontinen merupakan dasar laut yang jika dilihat dari segi geologi maupun geomorfologinya merupakan kelanjutan dari kontinen atau benua Landas kontinen memiliki kedalaman kurang dari 200 m. ZEE adalah wilayah laut sejauh 200 mil dari pulau terluar saat air surut. Luas ZEE Indonesia adalah 2.936.345 km2.

3. Batas udara suatu negara dibagi menjadi 2, batas horizontal dan batas vertikal. Batas-batas ini lebih bebas dan lebih mudah dilanggar karena sulit dijaga dan penjagaannya memakan cukup banyak biaya. Batas udara vertikal Indonesia adalah area udara setinggi 110 km dari konfigurasi ketinggian permukaan negara Indonesia. Batas udara horizontal Indonesia memiliki luas yang sama dengan luas negara Indonesia, yaitu 5.455.675 km2.

Maka bisa disimpulkan bahwa, kondisi wilayah daratan menurut zona ekonomi eksklusif yaitu, berbatasan langsung dengan 3 negara tetangga.

Tinggalkan komentar