Sebagian besar wilayah Benua Afrika adalah berupa padang gurun, Gurun yang terdapat di Benua Afrika antaranya adalah gurun

Sebagian besar wilayah Benua Afrika adalah berupa padang gurun, Gurun yang terdapat di Benua Afrika antaranya adalah gurun…

Jawaban :

Gurun yang terdapat di Benua Afrika diantaranya yaitu gurun Sahara, gurun Kalahari, gurun Libya, dan gurun Namib.

Penjelasan :

Secara astronosmis, Benua afrika terletak pada lintang 350 LS – 380 LU dan 170 BT – 570 BT. Bentang alam benua Afrika terdiri atas pegunungan, gurun, dan plato. Gurun yang terletak di benua Afrika diantaranya yaitu:
1. Gurun Sahara terletak di Afrika bagian Utara yang membentang dari Senegal di Barat hingga Kenya di bagian Timur. Karena itu pula, gurun Sahara memiliki luas mencapai 1,9 juta km².
2. gurun Kalahari berada di bagian Selatan. Gurun ini memiliki luas mencapai 570.000 km² yang meliputi sebagian wilayah Botswana dan beberapa bagian Namibia serta Afrika Selatan.
3. Gurun Libya, yang terletak di bagian Timur negara Libya dengan luas mencapai 674.000 km² atau setara dengan 3/4 luas negara mesir.
4. Gurun Namib membentang sekitar 1.600 km di pesisir Samudra Atlantik di Namibia.

Maka bisa disimpulkan bahwa, gurun yang terdapat di Benua Afrika diantaranya yaitu gurun Sahara, gurun Kalahari, gurun Libya, dan gurun Namib.

Tinggalkan komentar