Jelaskan yang mempengaruhi terjadinya angin muson di Asia tenggara

Jelaskan yang mempengaruhi terjadinya angin muson di Asia tenggara…

Jawaban :

Letak kawasan Asia Tenggara di daerah khatulistiwa yang menyebabkan terjadinya angin muson di kawasan tersebut.

Penjelasan :

Angin muson adalah angin periodik yang berhembus melalui skala regional dalam cakupan benua yang terjadi karena adanya perbedaan tekanan udara yang mencolok antara daratan dan lautan. Kawasan Asia Tenggara membentang di daerah ekuator. Dimana secara geografis, Asia Tenggara diapit oleh dua benua dan dua samudra, yaitu Benua Asia dan Benua Australia, serta Samudra Hindia (sebelah selatan dan barat) dan Samudra Pasifik (sebelah timur). Dimana, terdapatnya perbedaan tekanan udara antara kedua benua dan samudra tersebut. Sehingga terjadilah angin muson di Asia Tenggara, yang menyebabkan kawasan ini memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan kemarau.
1. Musim kemarau : terjadi pada bulan April-Oktober, ketika angin muson tenggara bertiup dari Australia menuju daratan Asia. Tetapi karena di utara khatulistiwa terjadi pembelokan ke kanan maka terjadilah angin muson barat daya yang sifatnya basah dan mendatangkan hujan di Myanmar, Thailand, Semenanjung malaka dan Indonesia Barat.
2. Musim hujan : terjadi pada bulan Oktober-April, ketika angin muson timur laut yang berasal dari Samodera Pasifik, banyak mendatangkan hujan di belahan bumi utara. Karena di selatan khatulistiwa terjadi pembelokan ke kiri, maka terjadi angin muson barat laut yang mengakibatkan musim hujan bagi Indonesia.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa letak kawasan Asia Tenggara di daerah khatulistiwa yang menyebabkan terjadinya angin muson di kawasan tersebut.

Tinggalkan komentar