Cara Mudah Mencari Satelit TELKOM 4

Cara Mudah Mencari Satelit TELKOM 4 – Cara mencari sinyal Telkom 4 bisa dibilang gampang bagi orang yang berpengalaman. Kemudahan dalam mencari satelit Telkom 4 sekarang sudah didukung oleh kemudahan karena satelit Palapa D tidak menjadi titik berat lagi sehingga tidak perlu membagi sinyal lagi.

Atau kata lainnya saat sinyal Telkom 4 sudah ketemu maka kita tidak perlu memikirkan sinyal satelit Palapa D lagi karena satelit Palapa D sudah mulai kosong oleh siaran TV seperti SCTV dan INDOSIAR. Bahkan beberapa PAY TV sudah beralih siaran melalui satelit Telkom 4.

Cara Mudah Mencari Satelit TELKOM 4

Sebelum kamu benar benar mencari satelit Telkom 4, kamu harus memahami dasar-dasar tracking parabola atau setidaknya sudah mencari referensi terlebih dahulu. Agar nantinya mengetahui apa saja yang perlu dilakukan dan apa yang perlu diubah dari posisinya sebelum terjadi perubahan pada satelit.

Tujuan utama mengetahui hal ini bisa terjadi saat proses mengalami kendala, sehingga tahu apa yang perlu dilakukan.

Letak satelit Telkom 4

Satelit Telkom 4 berada di posisi garis bujur 108oE, posisi ini merupakan posisi satelit Telkom 3s dulu yang sudah menghilang. Jadi bagi yang belum pindah dari satelit Telkom 3s, tinggal Scan ulang maka satelit Telkom 4 bisa muncul tanpa tracking pada parabola. Pasikan komponen LNB dan komponen lainya dalam keadaan normal.

Jadi pastikan kamu belum pernah menggeser ketika terjadi perubahan pada tahun 2017 ketika masih menggunakan satelit Telkom 3s. Dengan ini kamu akan lebih mudah mendapatkan sinyal dari satelit Telkom 4 tanpa perlu tracking dengan syarat LNB masih normal dan dish tidak bergeser. Kamu hanya perlu Scan otomatis kamu sudah mendapatkan sinyal dari satelit Telkom 4.

Bagi kamu yang ingin belajar cara tracking pada parabola untuk mencari satelit Telkom 4 ada beberapa hal yang perlu diketahui. Berikut telah kami rangkum beberapa kesalahan kesalahan yang umum dilakukan orang awam pada saat tracking satelit Telkom 4.

Kesalahan Saat Mencari Satelit TELKOM 4

  1. Kesalahan saat mempogram receiver

Dari beberapa orang yang gagal menggeser parabola saat mencari sinyal telkom 4, kesalahan paling banyak adalah kesalahan memprogram receiver. Diantranya :

  • Belum merubah frekuensi pada transponder dari satelit Telkom 3s ke frekuensi baru dari satelit Telkom 4.
  • Tidak memperhatikan letak Dseq dan LNB nya. Meski sudah mengganti frekuensi yang terbaru dari satelit Telkom 4, tetapi belum mengganti posisi Dseq akan mengakibatkan adanya sinyal namun Palapa D akan menghilang, namun ketika Palapa D ada sinyal Telkom malah justru menghilang. Ini sering disebut tarik menarik sinyal.
  • Untuk itu, perlu memperhatikan bahwa letak Dseg pada receiver dan LNB harus sama. LNB 1 ditempatkan pada Dseg 1 untuk menerima sinyal satelit Palapa D. Dengan LNB berada pada posisi di barat. Sedangkan Telkom 4 berada di Dseq 2 atau LNB 2 berada pada posisi timur. Dengan begitu maka titik fokus dari kedua satelit akan dekat. Apabila tidak yakin silahkan cek pada instalasi LNB apakah posisi sudah benar, sehingga perbedaan program receiver dan instalasi komponen tidak berbeda. Jika tidak cocok diantara keduanya maka akan menyebabkan tracking yang gagal.
  1. Menggeser yang salah

Sebenarnya mencari satelit Telkom 4, jika receiver sudah diprogram diatas dilakukan dan settingan awal juga sudah benar. Maka dalam waktu singkat sudah mendapatkan sinyal.

Kesalahan yang saya temukan di lapangan adalah, ketika seseorang sedang tracking Telkom 4 adalah apabila mengendurkan semua baut, sehingga memakan waktu yang cukup lama.

Yang benar, jika mensettingan dari awal pasang antena parabola settinganya sudah pas, maka Kita hanya perlu mendorong dish ke arah barat sedikit saja sudah dapat sinyal. Maka akan lebih cepat dari pada mengendurkan semua baut.

Akhir Kata

Demikian informasi yang kami sampaikan tentang Cara Mudah Mencari Satelit TELKOM 4, jika informasi yang kami sampaikan bermanfaat silahkan share keteman teman atau keluarga dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Tinggalkan komentar