Cara Mudah Memasang KIT Subwoofer

Cara Mudah Memasang KIT Subwoofer – Kit subwofer booster ada beraneka ragam dipasaran, kualitas frekuensi yang dapat di boost dan cros juga memiliki hasil yang bermacam-macam, ada yang cenderung kasar ada juga yang lembut ketika subwoofer di boost. Hingga penting memilih jenis filter subwofer yang ada dipasang.

Apa perbedaan mendasar tentang OP ampli giga bass dan subwoofer? Tentu saja keduanya berbeda. Giga bass diguanakan untuk memperkuat nada bass pada renge dengan frekuensi diatas 100 Hz lebih. Jika subwofer sampai rentang dibawah 40 hz membuat kita sering menemui gerakan speaker yang liar karena menggunakan KIT subwoofer ini. Tentunya keduanya disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan.

Cara Mudah Memasang KIT Subwoofer

KIT subwoofer rata-rata menggunakan tegangan suplay yang simetris sehingga sangat sulit jika meggunakan tegangan ini, maka sangat cocok dipasangkan dengan Tone control yang mengunakan sistem simetris juga. Sehingga suplay yang akan kita gunakan bisa di satukan dengan suplay Tone cotrol.

Jika menggunakan suplay yang di satukan dengan tone control ini akan sangat menguntungkan kita karena tidak perlu membuat tegangan suply sendiri, kemudian sistem suplay seperti ini juga akan mempengaruhi hasil dari audio yang dihasilkan. Yaitu suara yang cenderung anteng dan jarang terjadi gangguan hum dan nois. Karena sistem grounding yang sudah menjadi satu kesatuan.

Jika menggunakan tone contro sperti ini biasanya perlu menggunakan power amplifier dengan daya yang rendah untuk ampli rumahan. Maka perlu perhatian yang khusus pada sistem gangguan. Karena KIT subwofer jika suplay tidak matang akan membuat HUM yang sangat terdengar jelas ketika input diam.

Berikut merupakan gambar diagram block per block bagaimana cara memasang kit subwofer pada amplifier yang bisa kamu ikuti.

Diagram block cara memasang kit subwofer pada amplifier

Sistem ini sangat mirip dengan sistem yang digunakan di speaker aktif, hal ini bisa memungkinkan ketika tone kontrol disetel minim semua, subwoofer masih tetap bekerja tanpa terpengaruh potensio tone kontrol.

PSU Simetris Sederhana

Suplay pada KIT subwoofer yang menggunakan IC 4558 yaitu 15 volt dc ct. sehingga diperlu pengukuran tegangan sebelum menghubungkan supplay agar tak terjadi short pada IC. 12 volt yang akan menjadi pilihan tepat dan garis amannya untuk KIT ini.

Bila hasilnya sangat kasar maka bisa ditambah nilai resistor pembatasnya yang menuju input amplifier sebesar 47k 0hm.

Akhir Kata

Sekian informasi yang kami sampaikan tentang Cara Mudah Memasang KIT Subwoofer, jika informasi kami bermanfaat silahkan share keteman teman atau keluarga dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Tinggalkan komentar