Cara Mencari Frekuensi Channel TRANS7, TRANS TV, Dan ANTV Terbaru

Frekuensi Channel TRANS7, TRANS TV, Dan ANTV – Kini setelah yang awalnya hanya kabar sekarang sudah menjadi kenyataan bahwa Channel TRANS7, TRANS TV, dan ANTV sudah pindah ke satelit Telkom 4. Dulu mungkin masih ragu-ragu untuk mencari satelit Telkom 4 karena siaran trans7, transtv dan antv masih disatelit Telkom 3s.

Kemungkinan memang saelit Telkom 4 hanya untuk siaran percobaan, pengguna satelit Telkom 3s masih belum pindah ke Telkom 4. Namun nyataannya sekarang kita harus mencari chanel trans tv, trans7, dan ANTV di satelit Telkom 4.

Cara Mencari Frekuensi Channel TRANS7, TRANS TV, Dan ANTV Terbaru

Perlu dipahami informasi yang beredar bahwa satelit Telkom 4 menempati posisi Telkom 1 yaitu berada pada 108o0 drajat E. Nah ini memudahkan kita saat mencari chanel trans tv, trans7, dan antv karena hanya perlu mengembalikan posisi kesemula.

Tentu hal ini memberikan kabar gembira bagi yang tidak merubah ke Telkom 3s, karena untuk mencari chanel trans tv di Telkom 4 hanya cukup menscan ulang, sudah mendapatkan siaran channel  trans7, jika perangkat parabola dalam keadaan normal, tidak perlu lagi mentracking dish untuk mendapat siaran trans media dan antv.

CARA Scan Channel TRANS 7, TRANS TV, ANTV

  1. Sebelum kamu mensetting antena parabola mencari channel pahami tata letak LNB yang kamu miliki. Cek pada menu Instalasi antena apakah sudah benar yaitu Palapa D port 1 Telkom port 2 karena kemungkinan pada saat memprogram Telkom 3s dulu merubah program port masing-masing LNB.
  2. Masukkan frekuensi yang ada di Telkom 4 misal Trans 7 yaitu : TRANS 7, Frekuensi : 3906, Symbol rate: 6250, Polaritas : H. frekuensi ini digunakan sebagai patokan untuk mentracking sinyal. Klik menu info sebagai indikator persentase sinyal yang kita dapat.

Frekuensi terbaru bisa saja berubah, jadi jangan sampai salah dalam memilih frekuensi karena jika salah pencarian sinyal tidak akan muncul. Jangan gunakan frekuensi diatas sebelum mempriksa frekuensi terbaru dari channel trans tv dan trans 7.

Update Terbaru

  • Frekuensi Trans TV HD, Trans7 MPEG4 HD 9 April 2021
  • Frekuensi : 3888 MHz
  • Symbol Rate : 9600 kS/s
  • Polaritas : Horizontal

Frekuensi Trans tv dan Trans 7 sd/ MPEG2

  • Frekuensi: 3906 MHz
  • Symbol Rate: 6250 kS/s
  • Polaritas : Horizontal
  1. Kemudian tracking yang perlu diubah pada setelan yang mengarah ke timur dan barat, kendorkan baut tersebut. Menurut pengalaman saya, mencari satelit telkom 4 posisi dish lebih ke arah barat, dari posisi telkom 3s, atau condong keatas dari posisi telkom 3s.
  2. Apabila sinyal mengalami tarik menarik antara Telkom 4 dan Palapa D kemungkinan pada instalasi konektor LNB dan switch terbalik, yang meski kita lakukan adalah tidak perlu membalik konektor.

Merubah kembali instalasi antena pada program misalnya pada posisi port 1 Palapa D, port 2 Telkom, sinyal akan saling tarik menarik dengan jarak yang sangat jauh, diubah menjadi port 2 Palapa D, port 1 Telkom. Kemudian coba lagi tracking, jika masih berarti switch mengalami kerusakan. Jika semula normal Telkom dan Palapa ada jarang sekali switch yang rusak mungkin kamu meski menyeting kearah dish secara perlahan.

Hasil sinyal dari masing-masing dish akan berbeda. Ada sinyal yang full, tapi ada juga sinyal yang sedikit tergantung pada jarak LNB. Semua juga bergantung pada matcingnya dish dengan jarak LNB.

Seingat saya mencari satelit telkom 4 dengan menggunakan dish merek ORA dengan LNB jarak 4 cm sinyal rata-rata mencapai 50 persen, dengan merek yang sama pula dengan jarak 3 cm ternyata sinyal juga bisa sampi 50 persen ternyata pengaruhnya adalah cekungan dish yang merata akan lebih memudahkan mencari sinyal.

Karena ada dish yang cekungannya sudah tidak merata mengakibatkan kesulitan mencari sinyal, atau dishnya sudah tidak center lagi atau jaring yang bergelombang sangat mempengaruhi hasil sinyal yang di dapat.

Akhir Kata

Demikian informasi yang kami sampaikan tentang Cara Mencari Frekuensi Channel TRANS7, TRANS TV, Dan ANTV Terbaru, jika informasi yang kami sampaikan bermanfaat silahkan share keteman teman atau keluarga dan terimakasih telah membaca artikel ini.

 

 

Tinggalkan komentar