Cara Merakit Jek XLR 3 Pin yang Benar

Cara Merakit Jek XLR 3 Pin yang Benar

Cara Merakit Jek XLR 3 Pin yang Benar – Dalam sound system peran kabel input memiliki peran penting untuk menghasilkan suara tanpa ada gangguan. Sebab itu pembuatan jak dan soket sangat penting terutama pada jek jenis XLR 3 pin yang sering digunakan sebagai pengimput Mic ke Mixer.

Namun kadang dalam berbagai macam situasi masih saja ditemui kesalahan dalam merakit kabel XLR.

Yang pernah saya temui adalah ketika jek XLR 3 pin streo dihubungkan dengan jek Toa mono. Jika diterapkan kedalam mixer streo maka ini bisa menyebabkan gangguan HUM yang mengganggu, bahkan kabel dan jek tersebut tidak bisa digunakan lagi.

Cara Merakit Jek XLR 3 Pin yang Benar

Jek XLR 3 Pin

Untuk itu agar tidak salah dalam merakit jek XLR maka harus menjadi perhatian agar tidak terjadi cacat produksi audio.

Agar lebih mudah, yang perlu diingat yaitu :

Pada jek XLR biasanya tertulis nomor urut pada masing masing soket dan jek. Untuk itu supaya tidak salah perlu diingat.

  • No pin
  • 1 ground
  • 2 in signal
  • 3 in return

Jika ingin memasang secara mono maka berbeda dengan pemasangan stereo dalam perakitannya.

Perbedaan perakitan jek XLR setreo dan mono hanya terletak pada no pin 1 dan 3 dimana ketika ingin merakit secara mono maka pin 1 dan 3 harus terhubung. Artinya, ground dihubungkan dengan return in, dan pin 2 sebagai signal positif.

Dan jika ingin merakit secara streo maka masing-masing pin harus terhubung dengan 3 kabel dan tidak boleh salah urutan.

  • Pin1 ground
  • Pin2 input signal A
  • Pin 3 input signal b

Dan tidak boleh tertukar antar pin soket dan pin jek agar tidak terjadi gangguan.

Bagi yang ingin merakit dan dihubungkan dengan jack toa mono maka pin 2 sebagai penghubung input, dan pin 1 dan 3 terhubung dengan ground. Ini biasanya diaplikasikan pada mikrofon yang akan di hubungkan ke speaker aktif dan mic toa.

Perakitan jek harus diperhatikan dengan seksama dan ketelitian dalam penomoran agar tidak terbalik antar nomer pin jek laki dan perempuan.

Kualitas solderan juga menentukan dalam hal gangguan, solderan yang terlalu lama memanasi jek bisa membuat isolator plastik meleleh, sehingga menyebabkan jack tidak setabil atau goyang.

Dan pastikan tidak ada serabut kabel yang menempel pada pin lainya hanya satu rambut.  Ini sering menyebabkan kabel kadang mati dan kadang hidup. Untuk itu perlu teliti sebelum menutup jek setelah selesai menyolder kabel.

Akhir Kata

Nah demikian informasi yang kami sampaikan tentang Cara Merakit Jek XLR 3 Pin yang benar, jika informasi yang kami sampaikan bermanfaat silahkan share keteman teman atau keluarga dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.