Perilaku yang sesuai dengan sila kedua Pancasila adalah

Perilaku yang sesuai dengan sila kedua Pancasila adalah

Jawaban :

Menegakkan hak asasi manusia di lingkungan sekolah, tidak membeda-bedakan teman maupun guru karena kondisi fisik, ras, bahasa, suku, bangsa, dan juga agamanya, berperilaku baik kepada seluruh teman dengan adil, setia kawan terhadap teman, dan tidak mengolok-ngolok teman karena perbedaan yang dimilikinya.

Penjelasan :

Sila kedua Pancasila berbunyi Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab. Sila kedua tersebut harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk di lingkungan sekolah. Sila kedua menempatkan manusia sebagai makhluk Tuhan yang saling menghargai dan juga merupakan sikap penghormatan bangsa Indonesia terhadap bangsa-bangsa lain. Sehingga, sila kedua tidak hanya berlaku bagi rakyat Indonesia, melainkan juga semua manusia di dunia.

Berikut adalah perilaku yang Sesuai Nilai Sila Kedua Pancasila di Sekolah:
1. Menegakkan hak asasi manusia di lingkungan sekolah.
2. Tidak membeda-bedakan teman maupun guru karena kondisi fisik, ras, bahasa, suku, bangsa, dan juga agamanya.
3. Berperilaku baik kepada seluruh teman dengan adil.
4. Setia kawan terhadap teman.
5. Tidak mengolok-ngolok teman karena perbedaan yang dimilikinya.

Dengan demikian, perilaku yang sesuai dengan sila kedua Pancasila adalah diantaranya menegakkan hak asasi manusia di lingkungan sekolah, tidak membeda-bedakan teman maupun guru karena kondisi fisik, ras, bahasa, suku, bangsa, dan juga agamanya, berperilaku baik kepada seluruh teman dengan adil, setia kawan terhadap teman, dan tidak mengolok-ngolok teman karena perbedaan yang dimilikinya.

✅Baca Juga :  Dua contoh sikap rela berkorban

Leave a Reply

Your email address will not be published.