Apa contoh tindakan sikap nasionalisme dalam kehidupan sehari hari?

Apa contoh tindakan sikap nasionalisme dalam kehidupan sehari hari?

Jawaban :

-Memakai produk dalam negeri.
-Bangga akan bahasa dan budaya lokal.
-Harumkan nama negara.
-Mengamalkan Pancasila.
-Promosikan Indonesia di sosmed.

Penjelasan :

-Memakai produk dalam negeri.
Dengan mencintai dan menggunakan produk-produk dalam negeri, secara nggak langsung kita menjadi promotor sekaligus endorser produk-produk lokal. Nggak hanya meningkatkan pendapatan masyarakat lokal, tapi juga menaikkan pamor produk Indonesia di pasar internasional.

-Bangga akan bahasa dan budaya lokal.
Meski kita begitu fasih berbahasa asing, jangan pernah lupakan bahasa daerah dan pastinya bahasa nasional kita: Bahasa Indonesia. Sebisa mungkin, gunakan lebih banyak bahasa negeri kita sendiri dalam percakapan sehari-hari atau segala kesempatan lain. Kuasai dengan baik dan benar. Kalau bukan kita, siapa lagi yang bakal meneruskan warisan budaya tanah air?

-Harumkan nama negara.
Buat diri kita bangga menjadi warga negara Indonesia dengan cara mengukir prestasi gemilang di berbagai bidang. Karena dengan prestasi tersebut, Indonesia bakal dianggap sebagai negara kuat dan disegani oleh negara lain. Beri dukungan penuh kepada negara kita dalam persaingan maupun perkembangan di kancah internasional.

-Mengamalkan Pancasila.
Bukan hanya sekadar dihapal di luar kepala, tapi juga dipraktekkan langsung dalam kehidupan kita. Karena kedudukannya yang penting sebagai dasar negara, maka sebagai warga negara Indonesia yang baik, kita wajib mempelajari, menghayati dan mengamalkan Pancasila yaitu mengamalkan nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

-Promosikan Indonesia di sosmed.
Sosmed adalah cara paling mudah untuk berkomunikasi dengan orang lain, nggak hanya lewat tulisan, tapi juga bisa dengan foto maupun video. Upload konten seru tentang Indonesia yang membuat kita sebagai generasi muda mengeksplor lagi kekayaan budaya, tempat bersejarah, dan hal unik lainnya. Ini bisa menginspirasi anak muda lainnya untuk cinta negeri sendiri, juga membantu Indonesia lebih dikenal oleh teman-teman kita dari negara lain.

Dengan demikian, jawaban yang tepat seperti paparan di atas.

Tinggalkan komentar