Mengapa budaya Indonesia sangat beraneka ragam?

Mengapa budaya Indonesia sangat beraneka ragam?

Jawaban :

Budaya di Indonesia beragam karena memiliki banyak kelompok etnik atau suku bangsa dan adanya globalisasi, urbanisasi, dan migrasi yang membawa budaya lain sehingga terjadi asimilasi dan/atau akulturasi budaya.

Penjelasan  :

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan jumlah pulau kurang lebih 17.000 pulau dengan luas wilayah sebesar 8,3 juta km2 dan terletak pada 6° LU – 11° LS dan 95° – 141° BT. Berdasarkan informasi dari BPS, Indonesia memiliki lebih dari 300 kelompok etnik atau suku bangsa yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Setiap suku bangsa memiliki ciri khas budaya dan kebiasaan penduduknya masing-masing. Hasil dari budaya suku tersebut unik dan beragam.

Selain itu, pengaruh globalisasi dan banyaknya pulau dan tidak meratanya pembangunan di wilayah Indonesia membuat masyarakat melakukan urbanisasi atau migrasi. Fenomena urbanisasi dan migrasi dapat mempengaruhi karakteristik fisik dan sosial suatu wilayah. Karakteristik sosial dari fenomena urbanisasi adalah masyarakat bersifat heterogen karena penduduk berasal dari berbagai daerah dengan kebudayaan yang beragam dan mata pencaharian penduduk heterogen. Dampak dari fenomena tersebut terhadap budaya adalah memungkinkan terjadinya asimilasi dan/atau akulturasi budaya.

Dari penjelasan tersebut, maka alasan budaya di Indonesia sangat beraneka ragam karena Indonesia memiliki banyak kelompok etnik atau suku bangsa dan adanya globalisasi, urbanisasi, dan migrasi yang membawa budaya lain sehingga terjadi asimilasi dan/atau akulturasi budaya.

Check Also

Berdasarkan bentuk secara geografis negara ASEAN memiliki ciri yaitu

Berdasarkan bentuk secara geografis negara ASEAN memiliki ciri yaitu… Jawaban : Berdasarkan bentuk secara geografis, …

Leave a Reply

Your email address will not be published.