Apa contoh Budaya Indonesia?

Apa contoh Budaya Indonesia?

Jawaban :

Upacara adat, pakaian adat, dan rumah adat.

Pembahasan :

Budaya adalah sebuah warna dalam suatu negara sebagai ciri khas dan karakteristik negara. Indonesia memiliki berbagai keragaman budaya, karena terdiri dari beberapa pulau-pulau. Contoh budaya Indonesia, antara lain upacara adat, pakaian adat, dan rumah adat.
1. Upacara adat
Upacara adat merupakan perwujudan dari sistem kepercayaan masyarakat yang memiliki nilai-nilai universal, bernilai sakral, suci, religius, dan dilakukan secara turun-temurun serta menjadi kekayaan kebudayaan nasional. Jenis-jenis upacara adat di Indonesia ialah upacara kelahiran, perkawinan, kematian, penguburan, pemujaan, pengukuhan kepala suku dan sebagainya. Setiap wilayah atau daerah biasanya memiliki tradisi dan nama upacara yang berbeda-beda berdasarakn dengan keyakinan suku mereka.

2. Pakaian adat
Pakaian adat adalah salah satu ciri suku tertentu di Indonesia. Umumnya, pakaian adat dipakai saat berlangsungnya proses upacara adat, misalnya, pernikahan. Masing-masing provinsi memiliki karakteristik baju tradisional atau pakaian adat sebagai bentuk keunikan serta karakteristik dari daerah tersebut. Pakaian adat dari tiap daerah di Indonesia juga memiliki nama tersendiri.

3. Rumah adat
Rumah adat adalah sebuah bangunan atau konstruksi yang sengaja dibangun dan dibuat sama persis dari tiap-tiap generasinya, tanpa adanya modifikasi dengan mempertahankan karakteristik pada daerah tersebut. Rumah adat di tiap-tiap provinsi di Indonesia memiliki namanya masing-masing.

Jadi, contoh budaya Indonesia adalah upacara adat, pakaian adat, dan rumah adat.

Tinggalkan komentar