Komponen TV Tabung yang Sering Rusak

Komponen TV Tabung yang Sering Rusak

Komponen TV Tabung yang Sering Rusak – Komponen dari TV tabung yang sering rusak bisa menjadi acuan untuk mempelajari cara memperbaiki TV yang rusak.

TV tabung dimasa sekarang permasalahannya hampir sama meski berbeda merek, tapi harus diketahui bahwa komponen TV tabung memiliki seri dan kekuatan yang berbeda.

Kita membutuhkan informasi tentang komponen TV tabung yang sering rusak informasi ini bisa digunakan untuk membeli stok komponen yang ingin dibeli karena sedang merintis usaha servis elektronik atau untuk dijual.

Setiap merek TV memiliki komponen yang berbeda, jadi meski kerusakannya sama belum tentu bisa mengganti komponen dengan TV merek lain.

Sebut saja pada area power suplay TV tabung pada setiap generasi memiliki prinsip kerja yang berbeda. Ada yang memakai komponen IC STR dan ada yang memakai FET. Jadi dalam 1 merek memiliki banyak perbedaan.

Tapi jika kamu memiliki pengalaman yang luas tentang TV akan memandang bahwa kerusakan pada TV sebenarnya sama hanya saja memiliki nama yang berbeda.

Komponen TV Tabung Yang Sering Rusak

Berikut merupakan komponen yang harus menjadi perhatian ketika terjadi kerusakan. Dan setiap kerusakan bisa menjadi acuan untuk pengukuran komponen mana yang rusak.

Transistor Horizontal 

Transistor horizontal memiliki peran penting untuk membangkitkan tegangan tinggi dari flyback. Dan flyback merupakan power suplay lapis ke 2 setelah regulator sekunder. Jadi bila transistor horizontal mengalami kerusakan maka TV akan mengalami mati total dan mati standbay. Bahkan bisa berakibat kerusakan pada power suplay primer atau power suplay utama.

Bagi kamu yang ingin menyetok transistor horizontal bisa membeli transistor seri 4998, C6090.

Elco

Elco merupakan komponen pada tv tabung yang sering rusak. Jika kamu penjual atau teknisi lebih baik jika menyediakan Elko untuk TV. Untuk ukuran Elko yang harus distok yaitu:

1 uf50v, 10uf 250v, 10uf50v, 47uf160v, 47uf50v, 100 uf50v, 470uf 50v atau 35v, 1000 uf 35v & 50v.

IC Vertikal 

IC vertikal sering rusak karena memiliki kerja yang panas dan tv tabung sering bermasalah pada IC vertikal. Untuk itu harus menyetok IC vertikal beberapa yang paling sering dipakai pada TV seperti LA78141, LA78040,

Flyback 

Flayback merupakan komponen TV yang berfungsi untuk menyuplai ke berbagai hal salah fungsi utamanya adalah untuk menyalurkan energi tegangan tinggi untuk CRT atau Tabung. Selain menyuplai tegangan tingg ke tabung, flayback juga bisa menjadi suplay untuk IC vertikal pada beberapa jenis tv tabung. Oleh karena itu perlu menyetok, lihatlah merek TV apa yang sering kamu perbaiki. Flayback yang sering rusak adalah pada merek TV POLYTRON dan TV China

Kapasitor 

Kapasitor ada bermacam macam jenisnya. Untuk kapasitor TV sebenarnya harus sangat berhati hati dalam memilih komponen. Karena jika pada blok horizontal memiliki masalah kapasitor pasti akan cacat pada tampilan dan terkadang bisa mengakibatkan transistor horizontal rusak.

Soket CRT 

Soket CRT bisa berhubungan dengan kerusakan pada warna TV. Meskipun terlihat sepele tapi soket tabung sangat berperan penting. Contoh kerusakan yang sering dialami oleh soket CRT :

  • Warna berubah ubah
  • Warna pada TV blur
  • Dominan pada warna primer

IC STR

IC STR sering dipakai pada power suplay primer TV dengan merek POLYTRON, SANYO, SHARP Tapi untuk saat ini yang paling banyak memakai STR adalah TV SHARP. Sehingga kita perlu menyetok STR pada TV SHARP.

Itulah komponen pada TV tabung yang sering rusak, tapi kita jangan selalu terpaku pada komponen yang telah disebutkan tadi karena pada beberapa kejadian kerusakan lebih komplek pada tv sering kali membingungkan. Tapi pada dasarnya kita bisa mengacu pada blok komponen tersebut untuk memulai penyelidikan kerusakan pada TV tabung.

Kata Penutup

Sekian yang kami bahas, jika bermanfaat silahkan share dan termikasih telah membaca artikel ini.

Check Also

Cara Merakit Ampli mini 12V IC TDA2003 Untuk TV

Cara Merakit Ampli mini 12V IC TDA2003 Untuk TV

Cara Merakit Ampli mini 12V IC TDA2003 Untuk TV – Ampli rangkaian di artikan sebagai …

Leave a Reply

Your email address will not be published.