Komponen dan Bagian TV Tabung

Komponen dan Bagian TV Tabung,Lengkap!!!

Komponen dan Bagian TV Tabung – Kita sering mendengar istilah istilah yang beredar di internet tentang komponen komponen TV tabung, tapi kita tidak tahu letaknya dibagian mana. Bagi yang sering memperbaiki TV, mungkin sudah tau dimana letaknya, namun untuk pemula antara istilah dan letak tentu masih bingung.

Nah untuk itu, kali ini kami akan sedikit membantu meskipun tidak akan secara tuntas menjelaskan secara detail, karena setiap merek TV memiliki komponen yang berbeda.

Komponen dan Bagian TV Tabung

Perbedaan pada merek TV hanya pada bagian tata peletakannya tapi sistem kerja TV masih sama menggunakan istilah istilah yang umum seperti blok horizontal, blok vertikal, blok power suplay, blok audio, blok IC, blok tegangan tinggi, blok RGB dan masih banyak lagi. Nanti saya akan berikan sedikit penjelasan pada setap gambarnya.

Power Suplay 

Awal mengenali tv rusak berasal dari power suplay, untuk itu pertama adalah letak power suplay. Fungsi utama power suplay yaitu mengubah arus AC menjadi DC. Jadi letaknya pasti terhubung dengan kabel AC 220V atau jala listrik.

Power suplay terdapat dua fungsi yaitu untuk suplay utama sekaligus rangkaian degaussing. Dua Prinsip ini hampir digunakan di semua merek tv tabung.

Ada beberapa istilah pada power suplay tv yaitu REGULATOR PSU, Power AC -Matic, dan SMPS.

Ada dua blok komponen yang sering kita sebut yaitu blok primer dan blok sekunder.  Blok primer terletak di input, sedangkan sekunder terletak pada output. Pada contoh kali ini saya akan menggunakan Contoh Power Suplay yang digunakan di TV SHARP Piccolo Slim.

Perhatikan istilah dan letak komponen, tentu kamu akan menemukan bentuk yang berbeda pada setiap merek tv.

Pada bagian dioda model bridge yang menyerupai IC sama dengan 4 buah dioda yang ada pada TV China seperti merek POLYTRON, WCOM, DLL.

IC STR bisa saja berbentuk FET di TV merek lain, tapi FET hanya memiliki 3 Kaki.

Kerusakan komponen power suplai tv ini akan membuat tv mati total dan kerusakan lain jika tegangan output drop dan over. Maka bisa tidak pasti, kerusakan pada komponen power suplay harus diutamakan pengukuran menggunakan multitester.

PTC pada blok Degaussing ada dua jenis PTC 2 kaki dan 3 kaki. Jadi meski melihat ketika mengganti, misal PTC rusak akan menyebabkan blok degaussing mati dengan gejala layar pada tv muncul pelangi.

Blok Komponen Horizontal

Blok Horizontal paling sering mengakibatkan TV rusak, sehingga pengetahuan tentang blok ini sangat penting untuk dipahami.

Blok horizontal merupakan pengendali paling primer setelah blok power suplay utama. Jadi istilah power suplay lapisan kedua adalah Blok horizontal.

Letak blok horizontal sangat mudah dimengerti, biasanya berdekat dengan soket kabel penghubung ke defleksi yoke.

Lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar berikut dibawah:

Lataknya persis didekat flyback, karena dasarnya transistor horizontal harus terhubung dengan kaki flyback.

Pada kaki tengah transistor horizontal akan terhubung dengan kaki flyback dan kapasitor resonant. Ini bisa ditunjukan pada gambar dibawah.

Kerusakan pada komponen horizontal akan mengakibatkan tv mati dan tidak bisa start. Tandanya flyback tidak mengeluarkan suara crak. Dan permasalahan blok horizontal sangat komplek sehingga gejala kerusakannya paling banyak. Jadi perdalami kerusakan komponen horizontal lebih lanjut.

komponen IC Vertikal 

IC vertikal berfungsi sebagai membuka layar dari atas dan kebawah. Itu artinya blok IC vertikal sering mengakibatkan tv rusak dengan gejala terdapat satu garis horizontal.

Untuk IC vertikal pada beberapa merek tv masih saling berkaitan dengan komponen blok horizontal salah satunya adalah pada bagian suplay IC vertikal yang bersal dari output flyback. Tapi ini hanya berlaku pada merek tv tertentu, pada tv china jarang menggunakan prinsip ini.

Rata rata IC vertikal akan menempel pada pendingin. Jadi lebih mudah bagi pemula untuk mengenali komponen blok vertikal di dalam berbagai rangkaian yang terdapat pada mesin tv.

Jika tidak paham juga mana blok vertikal, bisa ikuti dari kabel yang berwarna kuning dan hijau. sedangkan warna merah dan biru warna untuk bagian horizontal.

Kerusakan pada komponen blok horizontal salah satunya bisa mengakibatkan tv hanya terlihat satu garis datar ditengah layar.

Komponen pada CRT

Ketiga blok komponen diatas sangat penting terutama bagi yang sedang belajar menjadi teknisi elektronik. Terlebih dahulu mengenali blok yang sering rusak dengan mudah mencari ke semua gejala dan jenis kerusakan selanjutnya.

Pada komponen tv tabung selanjutnya kita akan melihat pada Tabung CRT.

Komponen Defleksi Yoke

Masih berhubungan dengan VERTIKAL dan HORIZONTAL, jadi masing masing kabel akan terhubung ke defleksi yoke. Jangan sampai terbalik ketika kamu memasang konektor, karena kedua lilitan memiliki kekuatan yang berbeda. jika salah dalam menyambungan kabel bisa membuat kerusakan pada blok vertikal dan blog horizontal terutama IC dan transistor horizontal.

Supaya lebih yakin gunakan ohm meter supaya lebih pasti bahwa setiap konektor defleksi yoke terhubung. Konektor defleksi yoke horizontal akan menuju lilitan dalam, sedangkan lilitan luar defleksi yoke akan terhubung ke komponen blok vertikal.

Bagian Blok RGB 

Blok RGB merupakan blok pemprosesan warna pada tv tabung, letaknya selalu menempel pada soket CRT. untuk lebih jelasnya bisa melihat gambar berikut.

Kerusakan yang ditimbulkan oleh bagian ini berkaitan dengan warna.

  • Layar Redup
  • Layar dominan warna merah
  • Dominan warna biru
  • Atau dominan warna hijau.

Kerusakan ini terletak pada masing masing jalur terutama transistor RGB sebagai kopling untuk menerima sinyal dari IC Croma.

Komponen Blok AUDIO 

Blok audio pada tv memiliki fungsi untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal audio. Komponen yang digunakan yaitu IC Amplifier dan komponen pendukung seperti resistor dan kapasitor.

Blok audio berhubungan dekat dengan IC utama yaitu IC yang mengatur segalanya. Biasanya blok audi akan menerima sinyal input dari IC utama atau IC program.

Kerusakan pada blok audio bisa mengakibatkan tv tidak mengeluarkan suara.

Komponen IC utama 

Istilah ini hanya untuk TV model baru, karena tv model lama masih menggunakan dua IC yaitu IC Croma dan IC program, untuk TV model sekarang sudah menggabungkan beberapa IC menjadi satu yang disebut IC utama, IC Jungle juga bisa disebut sebagai IC prosesor.

Itulah komponen komponen TV tabung yang mudah mudahan sedkit membantu kamu yang sedang belajar memperbaiki TV.

Akhir Kata

Demikian informasi yang kami sampaikan tentang Komponen Komponen TV Tabung, jika informasi yang kami sampaikan bermanfaat silahkan share keteman teman atau keluarga dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Check Also

Penyebab dan Cara Mengatasi Layar TV Bergaris Horizontal

Penyebab dan Cara Mengatasi Layar TV Bergaris Horizontal

Biasanya, penyebab layar tv bergaris secara horizontal dikarenakan pada bagian vertikal televisi tersebut telah mengalami …