Cara Memperbaiki Layar TV Bergaris Garis dan Penyebab

Cara Memperbaiki Layar TV Bergaris Garis dan Penyebab – Gejala kerusakan pada TV ditandai dengan layar TV bank bergaris garis putih. Tidak hanya bergaris putih saja, ada gejala lain seperti TV bergaris garis warna hijau, biru dan merah. Tapi kali ini kita akan membahas tentang TV dengan kerusakan layar bergaris putih.

Pertama lakukan pemeriksaan pada bagian soket CRT solder ulang di blok bagian sistem warna. Saya pernah mengalami kerusakan dengan gejala seperti ini yang disebabkan oleh solderan retak di bagian penghubung kabel antar mobo dengan PCB R, G, B. Belajar dari pengalaman bahwa solderan sangat penting bagi kinerja komponen elektronik. Sebagai langkah pertama ini sangat penting untuk dilakukan.

Setelah melalui langkah solder ulang pada bagian warna, sekarang kita harus melakukan uji pengukuran. Kerusakan dengan gejala layar tv bergaris garis disebabkan karena beberapa tegangan dari sistem suplay pada CRT bermasalah.

Cara Memperbaiki Layar TV Bergaris Garis dan Penyebab

Berikut ini merupakan bagian penting dari sistem kerja pada layar TV.

Tegangan 180 Volt

Ini berfungsi sebagai penguat video bila tegangan ini bermasalah akan berakibat terjadinya kerusakan pada layar seperti warna bercampur, gambar kurang jelas, kontras berkurang, dan lainnya

Flyback

Flyback berhubungan langsung dengan tegangan 180 volt. Sehingga permasalahan tegangan 180volt bisa disebabkan karena flyback. Gejala kerusakan jika berasal dari flyback yaitu layar TV blank karena berkurangnya tegangan video output.

Kelebihan Tegangan Screen

Ini biasanya ditandai dengan layar terlihat blank tapi masih terlihat gambar, hanya saja layar terlihat lebih terang, dan nilai kontras sudah tidak berfungsi. Hal ini biasanya disebabkan oleh screen adjuster yang mengalami kerusakan atau berubah nilai dengan sendirinya. Sehingga jika terjadi kerusakan maka harus mengganti flyback secara keseluruhan. Karena bagaimanapun flyback tidak bisa diperbaiki.

Kerusakan pada IC croma atau gambar

Kerusakan paling parah disebabkan oleh IC croma atau IC utama yang mengalami kematian parah sehingga tidak dapat menyuplay atau mengirimkan sinyal ke penguat warna merah, biru, dan hijau. Sehingga yang terjadi pada layar terlihat hanya layar putih polos bergaris garis.

Soket CRT

Soket CRT sangat penting sebagai konektor tegangan. Ketika terjadi korosi atau timbul jamur pada soket CRT akan mengalami kerusakan. Salah satunya layar terlihat blank, kemudian akan terjadi kerusakan yang lain misalnya tidak ada cahaya pada CRT atau tvTV tidak ada gambarnya tapi ada suaranya.

Kabel penghubung PCB

Pernah waktu itu saya kebingungan sudah kesana kemari tapi tidak ada hasil ternyata ini disebabkan oleh kabel PCB, sepele tapi membingungkan. Hal ini harus menjadi perhatian pertama jika mendapati kerusakan seperti ini.

Itulah beberapa Penyebab Layar TV Bergaris Garis. Semoga sedikit menjawab kebingungan kamu tentang kerusakan seperti ini.

Kata Penutup

Demikian informasi yang kami bagikan jika bermanfaat silahkan share dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Tinggalkan komentar