Bagaimana sosok pemimpin menurut Sila ke lima pancasila

Bagaimana sosok pemimpin menurut Sila ke lima pancasila

Jawaban :

Seorang pemimpin yang adil. Karena keadilan menjadi penting karena dapat menjaga kestabilan pembangunan nasional. Selain itu, keadilan bisa membuat hubungan rakyat Indonesia dengan negara Indonesia menjadi lebih kuat dan tidak mudah untuk dipecahkan.

Soal menanyakan tentang bagaimana sosok pemimpin menurut Sila ke lima pancasila.

Penjelasan :

Pancasila merupakan dasar negara bangsa Indonesia sebagai lima prinsip atau lima asas dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, termasuk penerapan sila ke-5 dalam kehidupan sehari-hari yang berbunyi: Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Dari bunyi sila ke-5 saja sudah ketahuan bahwa seluruh rakyat Indonesia harus mendapatkan keadilan sosial yang merata. Oleh karena itu, setiap masyarakat Indonesia memiliki derajat yang sama di mata hukum dan negara. Sia ke-5 sangat menggambarkan harapan Indonesia supaya bangsa dan negara bisa menerapkan keadilan sosial. Untuk mewujudkan keadilan sosial sangat dibutuhkan kerja sama antara bangsa dan negara (pemerintah). Kerja sama antara bangsa dan negara bisa dikatakan sebagai salah satu wujud dari “gotong royong” yang sudah ada sejak Indonesia dijajah.

Dengan dimikian, sosok pemimpin menurut Sila ke lima pancasila adalah >> seorang pemimpin yang adil dan bijaksana. Karena keadilan menjadi penting karena dapat menjaga kestabilan pembangunan nasional. Selain itu, keadilan bisa membuat hubungan rakyat Indonesia dengan negara Indonesia menjadi lebih kuat dan tidak mudah untuk dipecahkan.

Tinggalkan komentar