Solidaritas adalah tentang kesetiakawanan apa saja manfaat solidaritas

Solidaritas adalah tentang kesetiakawanan apa saja manfaat solidaritas

Jawaban :

Manfaat solidaritas yaitu rasa saling tolong menolong antar sesama, adanya rasa peduli terhadap teman, terjaganya rasa persaudaraan, berkurangnya konflik antar sesama anggota kelompok, serta terjalinnya kekompakan.

Penjelasan :

Solidaritas adalah kesatuan hubungan persahabatan yang dilakukan oleh semua insan, untuk saling percaya yang muncul dari tanggung jawab dan kepentingan bersama diantara para anggota-anggota yang ada di dalamnya. Solidaritas ini mengenai kesetiakawanan. Manfaat dari solidaritas yaitu rasa saling tolong menolong antar sesama, adanya rasa peduli terhadap teman, terjaganya rasa persaudaraan, berkurangnya konflik antar sesama anggota kelompok, serta terjalinnya kekompakan.

Contoh penerapan solidaritas dalam kehidupan sehari-hari seperti kerja bakti lingkungan, kerja kelompok menyelesaikan tugas, serta keikutsertaan dalam acara kedaerahan ditempat tinggal. Solidaritas bisa tumbuh karena merasa senasib dan seperjuangan dengan orang lain, adanya rasa simpati dan empati terhadap orang lain, keinginan untuk saling memberi dan tolong menolong, dan munculnya perasaan setia kawan dari dalam diri.

Jadi, manfaat dari solidaritas yaitu rasa saling tolong menolong antar sesama, adanya rasa peduli terhadap teman, terjaganya rasa persaudaraan, berkurangnya konflik antar sesama anggota kelompok, serta terjalinnya kekompakan.

Tinggalkan komentar