Tegangan Normal IC Vertikal TV POLYTRON Slim

Tegangan Normal IC Vertikal TV POLYTRON Slim

Tegangan Normal IC Vertikal TV POLYTRON Slim – Kali ini saya sedikit berbagi informasi untuk masalah tegangan pada IC vertikal pada TV POLYTRON slim. Mungkin hanya untuk mengingatkan bahwa tegangan IC vertikal di jenis TV slim terutama TV POLYTRON yang mempunyai tegangan dual power. Atau sering dikenal dengan sistem simetris memakai curent +, 0, -.

Tegangan Normal IC Vertikal TV POLYTRON Slim

Bila sumber tegangan mengalami drop biasanya layar TV akan mengalami gangguan seperti layar hanya terlihat garis horizontal, layar tidak penuh, dan layar hanya terlihat setengah. Hal paling umum dari gejala ini diawali dengan protek terutama pada TV keluaran baru Polytron U slim.

Tegangan IC vertikal

Menurut pengamatan yang sering saya temukan, tegangan yang menyuplai IC vertikal rata rata memakai tegangan 17 dan 16volt meski pada kaki flyback tertulis 12V. Mungkin 12V yang dimaksud yaitu tegangan AC, sedangkan ketika sudah menjadi DC kemungkinan berubah menjadi 16volt DC atau 17volt DC. Hal ini tergantung situasi karena kadang 14 dan 15volt pun TV bisa menyala dengan normal.

Bila rekan masih dalam tahap belajar, maka pada saat mengukur tegangan simetris jangan sampai salah. Mungkin tegangan vertikal dikira naik, ternyata pengukurannya memakai curent positif (+) dan negatif (-). Bukan diukur dari masing masing tegangan, yang kita perlu ukur dari ground bukan negatif (-). Bila diukur dari positif (+) ke negatif (-) maka hasilnya akan melonjak hingga 35Volt.

Masalah yang sering ditemukan pada tegangan IC vertikal

Beberapa masalah yang sering saya temukan ditegangan IC vertikal yakni tegangan 0volt alias drop. Penyebabnya biasanya berasal dari resistor fuse 1 ohm yang terletak di dioda penyearah tegangan IC vertikal. Bila resistor ini putus biasanya terdapat indikasi bahwa ada kerusakan dibagian IC vertikal. Tapi hal tersebut juga belum tentu karena dibeberapa kasus kerusakan semacam ini dapat disebabkan karena resistor itu sendiri yang error.

Masih seputaran sumber tegangan IC vertikal. Ada beberapa kasus tegangan yang drop dan diukur resistor normal dan diodanya normal tapi tegangan masih drop. Tanda yang sering ditemukan dari kerusakan ini yaitu TV Polytron layar gelap hanya terlihat pelangi dilayar. Kerusakan ini biasanya dikarenakan oleh dioda penyerah 12V tersebut. Meski diukur memakai ohm meter tidak menunjukan kebocoran, tapi pada saat bekerja dengan arus maka dioda ini akan sering error. Entah itu bagian penyearah negatif (-) atau penyerah positif (+).

Bila Elco yang bekerja untuk jalur tegangan IC vertikal juga kering biasanya tegangan mengalami drop terlepas dari tegangan drop 0volt. Karena biasanya bila Elco kering dropnya tidak begitu signifikan, tapi bisa untuk membuat TV bekerja secara tidak normal. Misal protek atau gambar menyempit.

IC vertikal yang mengalami short

Tegangan IC vertikal drop atau tidak ada sama sekali juga bisa dikarenakan oleh IC vertikal yang mengalami short. Untuk memastikan hal ini bisa dengan melihat body IC vertikal apakah terlihat retak atau sedikit gosong. Bila tidak ada tanda maka copot IC vertikal terlebih dahulu untuk memastikan tegangan sumber normal.

Tapi bila IC sudah dicopot tapi tidak ada tegangan, kemungkinan terjadi kerusakan disumber tegangan yakni flyback. Untuk yang berkaitan dengan flyback biasanya bila 0 Volt berarti flyback belum bekerja. Atau B+ 115 volt tidak ada. Permasalaha Ini lebih kompleks lagi karena perlu memeriksa tegangan sumber flyback, bisa jadi kerusakan terjadi di area horizontal.

Kata Penutup

Demikian informasi yang solderpanas sampaikan tentang Tegangan Normal IC Vertikal TV POLYTRON Slim. Bila informasi ini bermnfaat silahkan share dan terimankasih telah membaca artikel ini.

Check Also

Cara Merawat TV LED agar Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat TV LED agar Tidak Cepat Rusak

Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, semakin banyak bermunculan produk-produk elektronik baru yang tentunya sudah semakin …

Leave a Reply

Your email address will not be published.