Penyebab Speaker Aktif Polytron X-BR Mudah Rusak

Penyebab Speaker Aktif Polytron X-BR Mudah Rusak

Penyebab Speaker Aktif Polytron X-BR Mudah Rusak – Speaker aktif Polytron dikenal dengan nada suara sub bassnya yang bagus sehingga pada produk speaker X-BR sangat disukai oleh konsumen.

Tapi dibalik kualitas suara yang bagus, terdapat beberapa kekurangan dan kelemahan yang harus diperbaiki dari produk speaker aktif Polytron.

Karena saya beberapa kali menerima servisan dan keluhan tentang speaker aktif ini. Yaitu saat dipakai oleh pengguna tidak bisa bertahan lama. Banyak yang mengeluhkan tentang ini. Padahal suaranya bagus.

Penyebab Speaker Aktif Polytron X-BR Mudah Rusak

Kerusakan komponen dipicu karena Getaran. Yang disebabkan karena getaran pada speaker woofer yang mengakibatkan komponen dalam box speaker bergetar secara berkelanjutan. Sehingga menyebabkan komponen mudah patah dibagian kaki dan retak dibagian solderan.

Bayangkan saja, tegangan tinggi pada SMPS saat bekerja sambil digetarkan terus menerus. Tentu di tegangan tinggi sangat rawan terhadap kerusakan saat salah satu komponen kakinya patah atau solderannya retak. Sehingga sering memunculkan masalah speaker aktif mati total.

Baru baru ini saya mendapat servisa speaker aktif Polytron X-BR dengan gejala suara serak. Saya mengira kerusakan ini biasanya disebabkan karena transistor TIP 41, TIP 42 mengalami kerusakan.

Tapi ternyata setelah saya solder ulang dibagian blok amplifier speaker aktif langsung normal. Padahal saya lihat secara fisik bahwa solderan pada kaki komponen amplifier Polytron sangat bagus. kemungkinan ini terjadi karena keretakan diarea transistor final amplifier.

Ketika transistor final tip 41C 42C panas bersamaan dengan getaran sehingga terjadi keretakan di solderan kaki transistor. Dan anehnya ternyata suara serak akan muncul ketika speker sudah disetel beberapa waktu. Kemungkinan bila transistor sudah panas akan melelehkan timah. Sehingga salah satu kaki ada yang tidak terhubung.

Dari sini bisa kita simpulkan kerusakan speaker aktif yang disebabkan getaran speaker sangat berpengaruh terhadap kinerja komponen.

Mungkin karena mesin amplifier ditempatkan pada box speaker secara langsung tanpa ada pelindung yang bertujuan untuk menangani suhu heatsink. Supaya bisa mendapatkan pertukaran angin dari angin speaker woofer yang bekerja. Ini tidak hanya dispeaker aktif Polytron. Hampir rata rata produk speaker aktif memakai angin box untuk menangani suhu heatsink agarsupaya tetap terkontrol.

Itulah alasan dan serta fakta kemungkinan speaker aktif Polytron XBR mudah rusak. Kerusakan dispeaker aktif yang disetel tidak power full kemungkinan akan lebih tahan lama dibanding yang dipakai secara power full berkepanjangan.

Akhir Kata

Demikian informasi yang solderpanas sampaikan tentang Penyebab Speaker Aktif Polytron X-BR Mudah Rusak. Jika informasi ini bermanfaat silahkan share dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Check Also

Tips Membeli Speaker Audio Mobil Berkualitas

Tips Membeli Speaker Audio Mobil Berkualitas

Tips Membeli Speaker Audio Mobil – Membeli sebuah perangkat speaker audio mobil tidaklah semudah membeli sparepate …