cara memperbaiki speaker aktif

Cara Memperbaiki Speaker Aktif

Cara Memperbaiki Speaker Aktif – Dilihat dari fungsinya speaker aktif sekarang ini dipakai untuk media hiburan misalnya, untuk karaoke, memutar mp3, untuk acara persentasi, dan lainnya.

Permasalahan sering muncul pada speaker aktive ketika akan dipakai misal speaker aktif ada suara desis (nois), mendengung, mati total, suara pecah, dan suara muncul gangguan lainya.

Bila kerusakan terjadi ketika dipakai maka tidak mungkin langsung membawanya ke tempat sevis elektronik. Misalnya ketika dipakai untuk acara tertentu tiba tiba speaker aktif mati total.

Pertama, pada saat menemukan kerusakan seperti ini, periksa dulu apakah terminal jala jala PLN. Apakah dalam keadaan menyadala, dengan cara menyolokan perangkat elektronik lain. Kita kadang kalau menghadapi kerusakan mati total bisa membuat ketenangan ketika penanganan.

Bila permasalahan speaker mati tidak teratasi maka perlu membawa ke tukang servis speaker aktif. Atau dengan memperbaiki sendiri dengan syarat rekan mempunyai multi tester.

Cara Memperbaiki Speaker Aktif Mati Total

Setelah rekan melakukan saran langkah pertama tadi diatas, sekarang kita lanjut ke bagian dalam box speaker aktif. Arahkan multi tester rekan ke fungsi pengukuran arus AC.

Pastikan perangkat dalam keadaan saklar on dan hubungkan striker kepada terminal AC. Ukur dibagian input, tepatnya diujung kabel yang terhubung ke power supply.

Bila jarum Volt meter AC bergerak ke 220V itu berarti kabel dan saklar normal. Jika yang terjadi sebaliknya terdapat dua kemungkinan yakni saklar yang mati atau kabel yang putus.

Melangkah ke bagian output power supply ukur tegangan DC di out power supply. Bila terdapat tegangan tapi hanya sedikit coba lepas beban power supply. Setelah dicopot ternyata normal itu berarti terjadi short circuit dibagian power ampli atau blok tone control. Kalau yang terjadi sebaliknya bisa jadi power supply yang bermasal.

Power Supply Bermasalah

Bula memakai trafo coba periksa tanpa beban dioada, yakni posisi AC. Tegangan output trafo AC misal 25V AC output, itu berarti trafo normal. Kemungkinan dioda, coba periksa dioda biasanya permasalahan power supply tidak keluar tegangan bisa jadi karena dioda bocor atau mengalami short.

Setelah Beban Power Suplay

Setelah beban power supply dicopot keluar tegangan normal. Yang pertama harus diperiksa yaitu transistor final. Kebanyakan kasus short pada circuit dispeaker aktif yang menyebabkan hilangnya tegangan disebabkan karena transistor final mengalami short, kadang hingga terbakar.

Transistor final biasanya menempel dipendingin alumunium. Menurut seri yang dipakai tergantung jenis amplifier. Kebanyakan speaker aktif rumahan memakai transistor final yakni TIP 41C, dan 42C. Bahkan speaker aktif sekelas Polytron memakai jenis transistor TIP41, dan 42. Bila pasti transistor final mengalami short, jangan lewatkan transistor driver C945, A733 biasanya ikut mengalami short juga.

Dioda bias 4148 jangan dilewatkan dari pemeriksaan kadang penyebab terjadinya short transistor final disebabkan karena dioda bias terjadi short. Sehingga terjadi over load ditransistor buffer atau driver sehingga mebakar transistor final.

Lampu Menyala Tapi Tidak Ada Suara Dari Speaker

Bila menemukan kerusakan lampu menyala tapi speaker tidak bunyi, yang pertama servis yang perlu dilakukan yaitu memeriksa impedansi speaker. Pastikan speaker dalam keadaan tersambung pada saat diukur memakai OHM meter.

Baru kemudian periksa koneksi kabel yang menghubungkan antara speaker dan blok power amplifier. Bila keduanya dipastikan baik, maka periksa tegangan power supply. Kadang terdapat speaker aktif yang bila tegangan drop langsung protek seperti speaker Polytron, SHARP, dan jenis speaker aktif yang memakai Power supply SPMS atau AC METIC

Speaker Ada Suara Tapi Tidak Bisa Merespon Input

Dengan kata lain, bila speaker aktif diberikan input dari DVD dan tidak bunyi meski potensionya sudah maksimum. Kerusakan semacam ini terdapat dua masalah yakni:

Kesalahan Memasang Jek Input ke Soket RCA

Bila rekan mempunyai spiker aktif dengan gejala ada suara tapi tidak dapat merespon input. Periksa jek RCA apakah sudah benar sesuai dengan fungsinya.

Jek RCA biasanya terletak dibelakang body speaker aktif. Input, Output speaker, dan Output audio. Kesalahan menghubungkan jek ke soket akan meyebabkan kerusakan yang fatal. Kerusakan akan terjadi pada sumber input misalnya DVD.

Teknik yang dipakai dalam menangani hal ini. Jangan menghubungkan dahulu jek yang menancap pada sumber input, kemudian hubungkan jek ke soket input pada speaker aktif. Kemudian nyalakan spiker aktif bersamaan dengan menyentuh ujung jek RCA.

Bila terdapat respon berarti speaker aktif normal. Tapi bila tidak ada respon sama sekali berarti ada masalah lain.

Terkadang soket RCA yang berkarat juga menyebabkan antar soket dan jek tidak tersambung. Atau bisa juga input tidak merespon yang disebabkan oleh selektor.

Karena sekarang terdapat fitur mp3 sehingga ada mode AUX yang belum dipogram. Kalau model jaman dulu sebelum memakai perangkat mp3, memakai selektor system tombol. Model memakai system dua in yakni input DVD dan mp3 tertulis dimasing masing soket. Jadi pastikan saklar slektor sesuai dengan soket yang dipakai.

Bila penanganan tidak bisa tertangani dengan cara sederhana diatas maka masuk ke dalam bagian dalam mesin.

Cek Soket Input Apakah Ada Yang Berkarat.

Periksa kabel input. Sentuh soket input yang terhubung dengan blok tone control. Jika terdapat respon berarti soket bermasalah.

Sentuh dibagian tone control. Respon ketika disentuh dibagian tone kontrol akan menunjukan permasalahan. Jika tidak ada respon maka copot resistor output yang menuju ke blok amplifier. Sentuh input dibagian input amplifier. Bila ada respon berarti tone control mati.

Tone Control Mati Total Disebabkan karena :

Tegangan Yang Menuju Tone Control

Periksa tegangan supply tegangan tone control. Biasanya untuk jenis speaker aktif kelas menengah kebawah supply tone contol jadi satu dengan supply amplifier. Tapi untuk supply tone control dibatasi resistor 10 hingga 100 ohm.

Transistor C945 Mati

Kerusakan transistor dibagian tone control ditandai pada saat disentuh dibagian blok tone control suara yang dihasilkan lebih pelan. Dan responya pada saat disentuh dibagian tertentu.

Variable Resistor Input Mati Atau Volume

Rusaknya potensio meter ditandai bila disentuh dibagian input tidak ada respon. Tapi bila setelah melewati potensio volume disentuh terdapat respon. Untuk memastikan kerusakan potensio meter supaya lebih pasti pakai ohm meter

Memperbaiki Speaker Aktif Suara Hanya Dengung

Dengan kata lain, speaker aktif tidak ada respon bila diberi input hanya bunyi dengung keras hingga daun speaker menjorok kedepan.

Bila gejala yang ditandai seperti itu kemungkinan transistor final rusak, sehingga arus DC mengalami kebocoran ke speaker. Oleh karena itu bila rekan menemukan gejala speaker aktif yang suara hanya dengung keras, segera metikan perangkat. Bila perangkat diteruskan menyala kemungkinan spoel speaker akan terbakar karena arus DC. Perlu rekan ketahui bahwa pada saat amplifier bekerja normal maka arus yang keluar kespeaker yaitu arus AC.

Langkah pertama yang dilakukan yaitu mencopot kabel speaker kemudian dites memakai volt meter DC. bila jarum tester bergerak berarti ada arus DC yang bocor ke output ampli.

Kerusakan yang paling sering terjadi disebabkan karena arus DC bocor ke output ampli yaitu transistor final. Bila sangat parah ditandai dengan terbakarnya komponen diblok amplifier.

Untuk mengatasinya ganti semua transistor diblok amplifier. Sperti : dioda bias, 42C, TIP41, BD139, 140, transistor A733, dan C945. Perlu diperiksa satu persatu spaya rekan tahu dimana kerusakanya. Nantinya akan berguna ketika menemui kerusakan yang sama.

Speaker Aktif Cacat Tribel

Cacat trible ditandai dengan, suara yang pecah, serak, bunyi grek di tweeter. Terdapat tiga macam penyebab yaitu :

Pertama Kerusakan Terjadi Pada Tweeter

Untuk memahami kerusakan di tweeter memerlukan pecobaan dengan cara mencoba tweeter ke amplfier lain.

Kedua Terjdi Distorsi Audio

Hal ini disebabkan karena tone control yang kadang rusak. Atau bisa juga dikarenakan oleh capasitor pemfilter tribel biasanya yang menempel jadi satu di tweeter. Capasitor pemfilter nada rendah ini tidak bisa menyaring nada mid dan low yang masuk ke sp tweeter. Sehingga terjadi nada low dan mid masuk ke tweeter. Kemungkinan capasitor kering sehingga mengakibatkan short.

Ketiga Arus DC Bocor

Arus DC bocor kadang juga mengakibatkan suara yang dihasilkan serak bila terdapat sedikit arus yang bocor.

Intinya yaitu memperbaiki speaker aktif yang paling sering terjadi kerusakan yaitu transistor final janis TIP41C, TIP42C dan transistor bagian driver. Tapi gejala yang muncul kadang berbeda beda.

Akhir Kata

Demikian informasi yang solderpanas sampaikan tentang Cara Memperbaiki Speaker Aktif. Jika informasi ini bermanfaat silahkan share dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Check Also

Tips Membeli Speaker Audio Mobil Berkualitas

Tips Membeli Speaker Audio Mobil Berkualitas

Tips Membeli Speaker Audio Mobil – Membeli sebuah perangkat speaker audio mobil tidaklah semudah membeli sparepate …