Kumpulan Skema Box CBS

Kumpulan Skema Box CBS

Kumpulan Skema Box CBS – Perkembangan jenis box CBC bagi speaker 12 inci, 15 inci hingga 18 inci mulai berkembang seiring dengan trial dan error para rekan pecinta CBS terutama oleh pak Agung orang yang menjadi inspirator pembuatan box jenis CBS.

Mungkin dari beberapa skema box CBS mempunyai karakter masing masing oleh karena itu disesuaikan dengan kebutuhan.

Dalam hal karakter tentu tiap speaker memiliki karakteristik yang berbeda.

Kemudian pengaruh terbesar dalam penentuan frekuensi yang mau dicross yaitu dibagian lubang. Bila semakin kecil lubang maka akan semakin rendah frekeunsi yang dihasilkan. Maka pada saat akan membuat yang lebih baik diuji coba dahulu, mulai dari lubang yang terkecil hingga menemukan karakter yang diinginkan.

Karakteristik dari masing masing sekema sangat berpengaruh, tapi sampai sekarang ini yang paling menghasilkan karakter SUB yaitu skema paling dasar dari CBS yaitu hanya memakai ruang untuk load frekuensi.

Untuk trilogi yang memiliki karakter lebih cenderung ke low mid bila dipakai pada speaker 15 inci. Sedangkan untuk SUB memerlu speaker yang berkualitas dengan ukuran 18 inci, bila menginginkan karakter sesuai dengan skema trilogi.

Dengan ini semoga bisa membantu menemukan skema box CBS yang dimau.

Untuk refrensi silahkan cari di group CBS Indonesia disana bisa mendapatkan refrensi yang berasal dari kawan kawan yang melakukan percoba secara langsung.

Kumpulan Skema Box CBS

Berikut beberapa kumpulan skema box CBS :

Skema Box CBS Trilogi

Mengmakai speaker 15 inci pada skema ini bisa menangai tiga karakter sekaligus yakni low, low sub, dan sub. Semua tergantung dari yang diinginan terutama pada pengaturan batas frekuensi speaker menejemen dan kekuatan power amplifier yang dipakai. Kemudian faktor dikekuatan speaker juga harus diperhitungkan. Jika memakai speaker berkualitas range mid low supaya dapat ngesub. Untuk menjadi pertimbangan lebih baik memakai jenis box CBS dari sekema dasar.

CBS Trilogi 18 Inci

Supaya mendapatkan suara karakter SUB, maka speaker 18 inci bisa menjadi pilihan dalam menangani frekuensi rendah sampai 30hz. Tentang trilogi masing masing pemakai memiliki pendapat yang berbeda ada yang mengatakan bila pemakaian box model dasar CBS memiliki karakter lebih ngeSUB dari box trilogi.

Tapi kelemahan dari skema box biasa yaitu karakter cenderung kurang jauh dibandingkan skema trilogi ini. Semua kembali pada kekuatan dan pengalaman pemakai. Terkadang hasilnya memang memiliki perbedaan ditingkatan daya keluaran pada amplifier dan karakter speaker itu senbdiri. kadang didalam sekema ini kita harus mencoba menyesuaikan karakter speaker. Misal mungkin mengubah sekat dan mengubah volime belakang speaker.

CBS 15 INCI Dangduuut LOW

Dalam aspek gendang terkadang berada difrekuensi low dut, nah mungkin ini bisa menjadi refrensi diskema ini. Dengan karakter low maka lubang keluaran udara harus lebih besar.

Sedangkan bila menginginkan suara karakter sub kita dapat mengecilkan lubang keluarnya angin atau yang sering disebut lubang Hz. Skeama jenis ini masih menjadi favorit dibandingkan dengan trilogi karena mudah dipahami dan mudah untuk di atur. Kelemahan dari box ini yaitu box akan lebih besar dan memakan tempat.

SKEMA 18 Inc Permanen

Skema ini diperuntukan bagi pemakai baru yang mau membuat secara permanen. Kelebihan dari skema permanent yaitu lebih simple keika pemakaian dilapangan. Catatan box ini harus diperkuat pada ruang resosnansi dengan sekat yang ditaruh didepan supaya kondisi box dalam keadaan kokoh meski ditumpuk dengan banyak box. Untuk lubang mh bisa disesuaikan dahulu dari mh terkecil hingga besar supaya memenuhi karakter yang diinginkan.

Skema CBS Model 4in1 18 Dan 15 Inci

Skema box ini sangat menghemat papan, karena hanya cukup satu ruangan saja. Ini biasanya dipakai dibok yang sebelumnya memakai bahanbox biasa dan bisa memambahkan ruang dan lubang untuk dijadikan box CBS. Daripada membuang box lama lebih baik dengan menambah ruang dengan satu box saja meski instalasi dan bongkar muatnya butuh menambahkan ruang.

Skema Box CBS 8 Inci 

Sekema ini diperuntukan bagi pemakaian speaker aktif yang ingin memakai skema CBS. Memang dengan penambahan box bisa menambah ruang untuk resonansi nada rendah. Maka akan menghasilkan nada sub lebih nendang.

Sebenarnya dispeaker aktif sudah memakai sistem CBS di setiap jenis speaker aktif model panjang. Bila di lihat sudah ada sekat sebelum lubang keluaran. Tapi bedanya lubang mh terdapat pada bagian luar.

CBS 12 Inci Doble 

Skema ini sangat bermanfaat untuk yang hanya memiliki box doble dengan speakernya 12 inci. Hanya perlu menambahkan ruang saja pada bagian bawah dan lubang yang disesuaikan dengan mh yang dimau.

Pemakaian speaker full range bisa mendapatkan nada Bass yang lebih empuk. Tapi untuk pemakaian lapangan 12 inci tidak disarankan. Mungkin ini hanya dipakai pada speaker rumahan supaya mendapatkan karakter suara speaker yang lebih sub.

Box CBS Untuk Miniscoop

Dari pada memodifikasi secara permanen, dibox jenis mini scop dapat memakai cara ini. Meski repot ketika instalasi tapi supaya menghemat anggaran dan mau merasakan karakteriestik CBS, skema ini bisa menjadi pilihan. Ada 2 cara untuk memodifikasi box miniscop menjadi box CBS yakni direc dan menutup lubang dimini scop, seperti pada gambar berikut.

Sekian informasi yang solderpanas sampaikan tentang Kumpulan Skema Box CBS. Bila bermanfaat silahkan share dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Check Also

Tips Membeli Speaker Audio Mobil Berkualitas

Tips Membeli Speaker Audio Mobil Berkualitas

Tips Membeli Speaker Audio Mobil – Membeli sebuah perangkat speaker audio mobil tidaklah semudah membeli sparepate …

Leave a Reply

Your email address will not be published.