Apa ide pokok paragraf tersebut?

Umumnya, tubuh seorang bocah laki-laki yang masih di bawah umur belum memiliki otot yang kekar, layaknya laki-laki dewasa. Akan tetapi, hal itu berbeda dengan Giuliano Stroe. Ia sudah memiliki tubuh seperti binaragawan. Sekujur tubuhnya sudah dipenuhi dengan otot-otot besar. Apalagi jika ia sedang berpose, a kan tam pak benjolan-benjolan otot di sekujur tubuhnya.

Apa ide pokok paragraf tersebut?

Jawaban :

Ide pokok teks di atas adalah “Guiliano Store, bocah lelaki, yang memiliki tubuh layaknya binaragawan.”

Penjelasan :

Ide pokok adalah inti atau gambaran dari keseluruhan isi paragraf yang bersifat khusus. Ide pokok berada di akhir paragraf, di tengah paragraf, di awal paragraf, di awal dan di akhir paragraf, atau adakalanya di seluruh paragraf.

Cara menemukan ide pokok adalah sebagai berikut.
1. Membaca keseluruhan teks dengan cermat.
2. Menggarisbawahi poin-poin penting.
3. Menentukan kalimat utama dan kalimat penjelas.
4. Menentukan ide pokok.

Pada paragraf di atas, ide pokoknya terdapat pada tengah paragraf, yakni kalimat kedua dan kalimat ketiga “Akan tetapi, hal itu berbeda dengan Giuliano Stroe. Ia sudah memiliki tubuh seperti binaragawan.” Pernyataan tersebut menjelaskan tentang Giuliano Store yang memiliki tubuh binaragawan, padahal ia masih seorang bocah laki-laki bukan lelaki dewasa. Kedua kutipan tersebut dapat diringkas menjadi “Guiliano Store, bocah lelaki, yang memiliki tubuh layaknya binaragawan.”

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah “Guiliano Store, bocah lelaki, yang memiliki tubuh layaknya binaragawan.”

Tinggalkan komentar