Gunakan kata di bawah ini dalam kalimat untuk membedakan homonim, homograf, homofon, dan potisemi! d. memerah

Gunakan kata di bawah ini dalam kalimat untuk membedakan homonim, homograf, homofon, dan potisemi!
d. memerah:
memerah:

Jawaban :

Kata “memerah” termasuk ke dalam homograf yang bermakna warna dan aktivitas.

Pembahasan :

Makna kata adalah pengertian yang diberikan kepada suatu kata. Dalam mencari makna kata, kamu membutuhkan kamus sebagai sumber utama, yaitu menggunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Jika menggunakan kamus berupa buku, kita harus mencari kata yang dimaksud dengan mencari berdasarkan abjad. Sementara, jika menggunakan kamus berupa aplikasi atau situs website, pencarian makna kata akan lebih mudah sebab hanya memasukkan kata yang dimaksud dan sistem akan mencari dengan otomatis.

Berikut perbedaan homonim, homograf, homofon, dan polisemi.
1. Homonim adalah kata yang sama lafal dan ejaannya, tetapi berbeda maknanya, seperti “hak” pada “hak azazi” dan “hak sepatu”.
2. Homograf adalah kata yang sama ejaannya dengan kata lain, tetapi berbeda lafal dan maknanya, seperti “apel” yang bermakna upacara dan “apel” yang bermakna buah.
3. Homofon adalah kata yang sama lafalnya dengan kata lain, tetapi berbeda ejaan dan maknanya, seperti sangsi dan sanksi.
4. Polisemi adalah bentuk bahasa (kata, frasa, dan sebagainya) yang bermakna lebih dari satu, seperti “mata” pada mata kaki dan mata pencaharian.

Berdasarkan pemaparan tersebut, kata “memerah” termasuk ke dalam homograf. Terdapat dua makna dalam penyebutan “memerah” dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).
1. menjadi merah.
2. memeras (memijit) supaya keluar airnya

Dengan demikian, kata “memerah” termasuk ke dalam homograf yang bermakna warna dan aktivitas.

Tinggalkan komentar