Cara mencari ide pokok dan kalimat penjelas

Cara mencari ide pokok dan kalimat penjelas …

Jawaban dan Penjelasan :

Ide pokok adalah gagasan yang disampaikan penulis sebagai pokok pembahasan dan menjadi pengendali sebuah paragraf serta dasar dalam mengembangkan sebuah paragraf. Sebagai dasar dalam mengembangkan sebuah paragraf, ide pokok perlu dikembangkan atau didukung dengan beberapa gagasan pendukung. Gagasan pendukung berada dalam kalimat penjelas yang memuat informasi khusus terkait ide pokok yang ada pada kalimat utama. Berikut adalah cara menentukan ide pokok dan kalimat penjelas pada sebuah paragraf.
A. Menentukan Ide Pokok
1. Membaca keseluruhan paragraf secara saksama.
2. Memperhatikan letak kalimat utama yang memuat ide pokok pada awal paragraf, akhir paragraf, atau awal dan akhir paragraf.
3. Pastikan bahwa kalimat utama tersebut tidak diawali dengan kata hubung tertentu.
4. Pastikan pula bahwa kalimat utama memuat informasi pokok yang berkaitan dengan kalimat penjelas lainnya.
B. Menentukan Kalimat Penjelas
1. Membaca keseluruhan paragraf secara saksama.
2. Pastikan informasinya bersifat khusus atau rincian dari ide pokok.
3. Pastikan bahwa kalimat penjelas tidak bisa berdiri sendiri karena harus berdampingan dengan kalimat utama atau kalimat penjelas lainnya.
4. Diawali dengan kata penghubung, seperti bahkan, contohnya, terlebih lagi, dan lain sebagainya.

Dengan demikian, cara mencari ide pokok adalah pastikan letak kalimat utama yang bisa berada di awal paragraf, akhir paragraf, atau awal dan akhir paragraf, pastikan kalimat utama tidak diawali dengan kata hubung tertentu serta memuat informasi pokok yang berkaitan dengan kalimat penjelas lainnya. Sedangkan, mencari kalimat penjelas dimulai dengan mengetahui letak kalimat utama, memastikan bahwa isi kalimat bersifat khusus, menunjukkan adanya konjungsi, dan memuat uraian pendukung yang lebih rinci.

Tinggalkan komentar