Penyebab Knalpot Motor Nembak dan Cara Mengatasinya

Penyebab Knalpot Motor Nembak – Berjumpa lagi dengan kami Solderpanas setelah pada beberapa hari yang lalu fakum mengupdate artikel karena kesibukan di dunia offline. Alhamdulillah, pada kesempatan ini kami bisa kembali mengupdate artikel atau info otomotif yang paling terbaru. Kebetulan untuk waktu sekarang ini, yang akan coba kami bahas seputar Tips otomotif tentang Penyebab Knalpot Motor Nembak dan Cara Mengatasinya. Untuk sobat yang merasa memiliki masalah tersebut, mari simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Untuk motor yang normal atau dalam keadaan sehat pada saat gas diturunkan suara yang dikeluarkan dari knalpot tidak akan nembak atau meledak. Akan tetapi untuk motor yang kondisinya tidak sehat atau ada masalah pada bagian pembuangan dan setingan udara pada saat menurunkan gas knalpot akan mengeluarkan suara tembakan. Tentu kondisi tersebut cukup mengganggu bagi pengemudi atau orang disekitarnya karena cukup mengagetkan, kemudian untuk performa motor pun akan sedikit berkurang.

5 Penyebab Knalpot Motor Nembak dan Cara Mengatasinya

Banyak Penyebab Knalpot Motor Nembak, dari masalah pada sistem jalur pengapian sampai paking knalpot yang bocor juga menjadi salah satu Penyebab Knalpot Motor Nembak. Untuk mengetahui lebih jelasnya apa saja Penyebab Knalpot Motor Nembak, berikut inilah beberapa yang bisa sobat ketahui secara lengkap.

Masalah Pada Jalur Pengapian

Pada saat gas diturunkan biasanya pada saat terjadi masalah pada jalur pengapian, sistem pengapian pada sebuah motor tidak bisa dipisahkan dengan sistem pembakaran. Maka dari itu untuk mengatasinya, sebaiknya komponen yang masuk pada jalur pengapian dicek satu persatu dari spull, CDI, Koil ataupun Aki.

Busi Bermasalah

Yang kedua yaitu pada bagian busi, kondisi busi yang sudah tidak baik atau sudah lama juga termasuk hal yang dapat menyebabkan suara knalpot nembak pada saat gas diturunkan. Masalah yang kedua yaitu terjadinya ruang pembakaran yang tidak bersih alias kotor sehingga proses pembakaran tidak sempurna.

Size Main Jet Yang Kurang Pas

Masalah lain yang menyebabkan knalpot nembak ketika gas diturunkan yaitu penggunaan ukuran main jet yang kurang pas. Sebagaimana yang kita ketahui bersama, main jet merupakan komponen yang memiliki peran yang sangat penting dalam proses karburasi pada saat motor di posisi RPM atas. Dan knalpot motor yang nembak seringkali disebakan setelan ukuran main jet yang terlalu besar ataupun telalu kecil.

Setingan Karburator Yang Kurang Tepat

Selanjutnya yaitu pada setingan karburator yang kurang pas atau tepat. Pada umumnya problem tersebut disebabkan setingan angin karburator yang kurang pas sehingga pembuangan angin menuju knalpot kurang sempurna sehingga menghasilkan suara nembak pada saat menurunkan gas.

Knalpot Mengalami Kebocoran

Yang terakhir yaitu knalpot mengalami kebocoran, pada posisi knalpot yang bocor maka hasil pembuangan yang disalurkan tidak akan sempurna sehingga knalpot nembak.

Itulah beberapa Penyebab Knalpot Motor Nembak yang bisa sobat ketahui, setelah mengetahui apa saja penyebabnya tentu tidak afdol jika tidak mengetahui cara mengatasinya. Untuk Cara Mengatasi Knalpot Motor Nembak, sobat bisa melihat ulasan lengkapnya dibawah ini.

Cara Mudah Mengatasi Knalpot Motor Nembak

Untuk Cara Mengatasi Knalpot Motor Nembak sebenarnya sangatlah mudah, sobat ketahui terlebih dahulu penyebabnya. Misalkan saja jika penyebabnya dikarenakan knalpot mengalami kebocoran, maka solusinya yaitu dengan menambahkan paking pada bagian blok mesin. Namun jika penyebabnya karena ukuran main jet yang kurang pas, sobat tinggal menseting ulang ukuran main jet yang pas (tidak terlalu besar atau tidak terlalu kecil). Sedangkan jika Penyebab Knalpot Motor Nembak ini pada bagian jalur pengapian, sobat silahkan cek satu persatu komponen yang masuk dalam jalur pengapian.

Sangat mudah bukan Cara Mengatasi Knalpot Motor Nembak? pada umumnya jenis motor yang seringkali masalah ini yaitu pada jenis motor matic seperti yamaha mio, karena kebetulan kami juga mengalaminya. Namun jika sobat ingin mengetahui lebih banyak tips otomotif.

Tinggalkan komentar