Penyebab Knalpot Ngebul Pada Motor & Mobil

Penyebab Knalpot Ngebul Pada Motor & Mobil

Penyebab Knalpot Ngebul | Knalpot merupakan saluran pembuangan gas karbondioksida pada kendaraan bermotor baik motor ataupun mobil yang masih menggunkan BBM atau bahan bakar minyak suatu saat bisa ngebul atau mengeluarkan asap, hal ini tentunya membuat penggemudi atau pemilik kendaraan kurang nyaman, kenapa knalpot masih ngebul padahal motor yang digunakan bukan motor 2 tak yang memang mengeluarkan gas buang yang kelihatan, untuk anda yang memiliki motor atau mobil namun anda mendapati knalpot anda mengeluarkan asap anda harus jeli karena sudah pasti kendaraan anda ada masalah.

Jika anda mendapati ada kendaraan atau yang ada didepan anda dan mengeluarkan asap apstinya akan menggangu anda apalagi kalau asapnya tebal , bisa saja menggangu pandangan anda atau juga bisa membuat bau yang kurang nyaman ketika terhirup, hal ini tentunya akan menyebabkan masalah pada kendaraan lain yang ada disekitar anda, dan untuk mengantisipasi hal tersebut anda perlu mengenali penyebab knalpot ngebul agar hal ini tidak terjadi pada kendaraan anda.

Melakukan perawatan pada setiap kendaraan pastinya merupakan hal yang sangat penting dan perlu dilakukan secara rutin, untuk kendaraan yang baru mulai memiliki gejala ini memang belum terlihat jelas namun anda bisa melihatnya pada knalpotnya ketika kondisi knalpot dingin dan anda memegannya dengan tangan anda pasti akan mendapati bekas hitam yang menampel pada tangan anda, jika sudah ada bekas hitam ini anda harus segera memperbaikinya ke bengkel langganan anda agar kendaraan anda tetap ramah lingkungan.

Penyebab Knalpot Ngebul

Sebenarnya yang membuat adanya asap itu adalah adanya oli yang terbakar oleh kendaraan sehingga menimbulkan asap yang keluar di knalpot itu, namun perlu anda ketahui kalau ada 2 jenisnya dan bisa diketahui dari bekas hitam yang ada pada knalpot.

Pertama

Yang pertama jika anda mencolek knalpot anda dan mendapati bekas hitam itu kering, maka hal itu menandakan ruangan pada mesin sudah mulai berkerak dan diperlukan pembersihan.

Kedua

Dan jika anda mendapati kalau adanya bekas hitam yang basah maka oli mesin sudah naik ke dalam ruang bakar dan biasanya asap yang keluar itu berwarna putih.

Ketiga

Dan jika oli terbakar sudah pasti oli akan habis dan anda harus mengisinya dengan oli lagi, jadi hal ini akan sangat merepotkan, bukan hanya ganti oli rutin tapi anda juga harus mengisi oli rutin karena memang oli terbakar terus menerus ketika kendaraan digunakan.

Dengan pembakaran oli yang berlebih itu pastinya anda akan sangat dirugikan selain anda harus mengisi oli terus menerus, ketika anda lupa atau telat mengisi oli mesin juga bisa menimbulkan kerusakan pada mesin motor atau mobil anda, jadi saran kami anda harus segera melakukan perbaikan ke bengkel yang profesional agar masalah anda bisa segera teratasi.

Kata Penutup

Dan itulah Penyebab Knalpot Ngebul yang bisa anda antisipasi, jadi jangan anggap remeh oli ngebul pada motor anda, seharusnya memang motor 4 tak sudah terbebas dari asap karena sudah tidak memerlukan oli samping seperti motor-motor 2 tak.

Sekian yang Solderpanas sampaikan dan terimakasih.

Check Also

Penyebab Knalpot Motor Nembak dan Cara Mengatasinya

Penyebab Knalpot Motor Nembak dan Cara Mengatasinya

Penyebab Knalpot Motor Nembak – Berjumpa lagi dengan kami Solderpanas setelah pada beberapa hari yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published.