Inilah Penyebab Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar

Inilah Penyebab Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar

Pengering mesin cuci merupakan komponen yang melekat dengan mesin cuci dan merupakan komponen yang sangat penting, baik itu untuk mesin cuci 1 maupun 2 tabung. Oleh karena itulah, ketika pengering mesin cuci ini tidak dapat berputar dan hanya mendengung, banyak orang yang merasa panic dan kebingungan.

 

Mengapa Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar?

Dengan pemakaian secara terus menerus maka dapat mengurangi keandalan suatu alat elektronik, termasuk juga dengan pengering mesin cuci ini. Jika pengering mesin cuci kalian tidak mau berputar dan hanya mendengung saja, maka berikut ini adalah penyebab mengapa pengering mesin cuci tidak mau berputar:

 

Dinamo Rusak

Dinamo mesin cuci yang rusak bisa menjadi pengaruh mengapa pengering mesin cuci tidak mau berputar. Dinamo yang rusak ini cukup sering terjadi. Penyebabnya bisa dikarenakan lilitan dinamo yang putus sehingga menyebabkan pengering mesin cuci mendengung dan tidak mau berputar.

 

Timer Pengering Rusak

Timer atau pengatur waktu yang rusak dapat mengakibatkan pengering mesin cuci tidak mau berputar. Penyebab rusaknya timer ini dikarenakan komponen pegas yang sudah aus karena sudah lama digunakan hingga gangguan hama seperti tikus dan sebagainya.

 

Tenaga Kapasitor Berkurang

Saat tenaga kapasitor mesin cuci berkurang atau melemah, maka dapat menyebabkan pengering mesin cuci jadi melambat hingga tidak mau berputar. Hal ini disebabkan karena penggunaan yang sudah lama atau usia pakai yang sudah mencapai batasnya.

 

Ada Sambungan Kabel yang Putus

Penyebab yang seringkali membuat pengering mesin cuci tidak mau berputar yaitu karena adanya sambungan kabel yang putus. Sambungan kabel yang putus ini bisa disebabkan oleh gigitan tikus.

Selain menyebabkan pengering mesin cuci tidak mau berputar, kabel yang putus juga dapat menyebabkan mesin cuci tidak berfungsi seutuhnya.

 

Tali Rem Pengering Mesin Cuci Putus

Penyebab selanjutnya pengering mesin cuci tidak mau berputar yaitu karena putusnya tali pada rem pengering mesin cuci. Rem pengering mesin cuci sendiri berfungsi untuk menjaga dinamo pengering yang berputar dapat berhenti secara konstan ketika pintu pengering mesin cuci dibuka.

Jika tali rem pengering mesin cuci putus, maka dinamo akan terus mengerem sehingga pengering mesin cuci tidak dapat bekerja secara normal.

 

Kapasitor Mesin Terbakar

Pengering mesin cuci tidak mau berputar juga dapat disebabkan kapasitor karena mesin yang terbakar. Karena pengering mesin cuci terus-menerus digunakan dan intensitas pemakaiannya yang tinggi, maka kapasitornya akan mengalami penurunan kualitas serta rentan terbakar.

Salah satu ciri dari kapasitor mesin yang terbakar yaitu timbulnya suara dengung mesin meskipun pengering mesin cuci tidak berputar.

 

Kerusakan Komponen Door Switch

Door Switch atau saklar pintu merupakan komponen mesin cuci yang letaknya berada di dekat Timer. Door switch rentan sekali rusak jika terkena air, karena paparan air bisa merusak sensornya sehingga pengering mesin cuci tidak mau berputar.

 

Beban Pakaian Terlalu Banyak

Penyebab terakhir mengapa pengering mesin cuci tidak mau berputar yaitu karena beban pakaian yang terlalu banyak. Sebaiknya kalian cari tahu terlebih dahulu beban maksimal dari pengering mesin cuci supaya bisa bekerja dengan baik dalam mengeringkan pakaian. Dengan beban cucian yang terlalu berat, maka dapat mengakibatkan rotasi perputaran pengering mesin cuci menjadi lambat sampai-sampai tidak bisa berputar.

Dan itulah tadi penyebab pengering mesin cuci tidak berputar. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.