Penyebab dan Cara Mengatasi Dinamo Mesin Cuci Cepat yang Cepat Panas dan Kurang Bertenaga

Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Dinamo Mesin Cuci yang Cepat Panas dan Kurang Bertenaga

Ada bermacam-macam penyebab dinamo mesin cuci cepat panas dan kurang bertenaga, tergantung dari kondisi mesin cuci tersebut. Masalah dynamo mesin cuci tidak dapat berputar juga sudah sering sekali terjadi. Dan berikut ini adalah penjelasan dari masalah-masalah tersebut.

 

Penyebab Dinamo Mesin Cuci Panas dan Kurang Bertenaga

Dinamo sendiri merupakan perangkat yang dapat digunakan untuk mengubah energi listrik menjadi energi lain, contohya cahaya, gerak atau panas. Tetapi, kebanyakan dynamo ini digunakan untuk mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Penyebab dinamo cepat panas sendiri beragam, yang antara lain:

 

Kelebihan Beban

Dinamo yang terus menerus bergerak tetapi mempunyai beban yang tinggi akan membuatnya cepat panas. Kekuatan dan kapasitas yang dimiliki dinamo itu terbatas, itulah mengapa beban yang terlalu berat akan membuatnya jadi cepat panas.

Salah satu cara mengatasi dynamo mesin cuci yang cepat panas yaitu dengan mengurangi bebannya. Usahakan untuk tidak mencuci pakaian dalam jumlah banyak di satu waktu saja. Hal ini akan meringankan beban dynamo untuk ke depannya.

 

Gulungan Kumparan Rusak

Apa penyebab lain dynamo cepat panas? Cobalah untuk memperhatikan gulungan kumparan di mesin cuci kalian, apakah dalam keadaan baik atau tidak. Jika rusak, maka kemungkinan besar itulah penyebab dynamo mesin cuci kalian cepat panas dan bergerak lambat.

Kumparan yang rusak dapat disebabkan oleh beberapa hal, contohnya pemakaian yang terlalu lama atau karena beban kerja yang tinggi. Dengan semakin berat kerja dynamo, maka semakin cepat pula ia akan rusak. Dynamo yang bekerja diatas standarnya akan menjadi penyebab mesin cuci jadi rusak.

 

Putaran Tidak Seimbang

Mesin cuci cepat panas juga dapat disebabkan karena dinamo yang berputar tidak seimbang. Putaran yang tidak seimbang akan membuat membuat salah satu bagian dari dinamo bekerja terlalu keras, tentunya hal ini akan membuat motornya bengkok.

 

Motor yang bengkok tidak hanya akan membuat kinerja menurun, tetapi juga akan membuat motor listrik atau bagian dinamo lainnya jadi rusak. Perhatikan dynamo yang kalian miliki di mesin cuci, bisa jadi ini merupakan alasan kenapa dynamo mesin cuci kalian tidak berputar.

 

Bearing Rusak

Masalah lain yang menjadi penyebab dinamo pada mesin cuci cepat panas dan kurang bertenaga adalah bearing yang rusak. Bearing merupakan bantalan yang digunakan untuk menjaga putaran poros pada motor listrik. Jika bearing rusak, maka beban berat yang harus diputar dinamo akan bertambah.

Jika terdapat masalah pada bearing atau bagian motor listrik yang lainnya, sebaiknya segera lakukan perbaikan sedini mungkin. Hal ini akan memperpanjang umur dynamo dan mesin cuci kalian. Penyebab dynamo cepat panas ini juga dapat diselesaikan dengan memperbaiki bearing-nya.

 

Cara Merawat Mesin Cuci Supaya Awet dan Tidak Cepat Panas

Setelah kalian mengetahui penyebab dan cara mengatasi dinamo mesin cuci cepat panas, maka ada baiknya kalian juga mengetahui bagaimana cara untuk merawat mesin cuci dengan benar. Mesin cuci yang dirawat dengan baik akan membantu kalian untuk membersihkan cucian yang kotor, diantaranya sebagai berikut:

 

Jangan Masukan Pakaian Terlalu Banyak

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, penyebab cepat panasnya dinamo yaitu karena bebannya yang tinggi. Jadi, jika kalian memasukkan terlalu banyak pakaian di dalam mesin cuci, maka kerja dinamo akan semakin berat. Selain itu, hasil cucian yang kalian dapatkan juga tidak akan maksimal.

Kalian bisa melihat kapasitas maksimal mesin cuci yang digunakan, sehingga kalian tidak berlebihan ketika memasukan pakaian kedalam mesin cuci. Pada mesin cuci biasanya terdapat informasi berapa maksimal pakaian yang bisa kalian masukkan dalam satu kali putaran.

 

Jangan Menyimpan Pakaian Terlalu Lama

Memang bukan penyebab kenapa mesin cuci panas, tetapi ketika kalian menyimpan pakaian terlalu lama maka akan merusak kualitas dari mesin cuci tersebut. Ini juga akan membuat mesin cuci berbau apek. Tentu baunya akan menyebar di pakaian kalian meskipun sudah dicuci bersih.

 

Bersihkan Mesin Cuci

Untuk merawat mesin cuci, tidak hanya harus membuat kerja dynamo ringan, tetapi kalian juga harus membuat mesin cuci tetap bersih. Bersihkanlah mesin cuci dengan mode cleaning, sehingga mesin cuci bisa membersihkan mesinnya secara leluasa.

Dan itulah dia penyebab dinamo dan cara mengatasi mesin cuci cepat panas dan kurang bertenaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.