Memperbaiki Amplifier Yiroshi R 10 Ohm Terbakar Terus

Memperbaiki Amplifier Yiroshi R 10 Ohm Terbakar Terus

Memperbaiki Amplifier Yiroshi R 10 Ohm Terbakar Terus – Beberapa hari saya mendapatkan garapan amplifier sound blaster 1250W. Driver sound blaster adalah adopsi dari driver yiroshi. Karena skema amplifier yang sangat mirip tanpa adanya modifikasi pada sistem kerja. Driver yiroshi adalah amplifier yang kinerjanya memakai sistem 3 tingkat sehingga power full.

Driver ini bekerja di tegangan tinggi yakni 70V. Suara yang dihasilkan condong ke nada low bass begitu empuk. Dan fleksibel untuk semua jenis frekuensi. Bahkan ketika dipakai pada tegangan rendah suara yang dihasilkan begitu bagus tanpa distorsi. Sehingga saya menyimpulkan driver yiroshi dapat bekerja pada tegangan rendah sekalipun.

Memperbaiki Amplifier Yiroshi R 10 Ohm Terbakar Terus

Tentunya sebuah amplifier mempunyai kelebihan dan kekurangan driver ini mempunyai kelemahan yaitu boros transistor final. Ini sangat logis karena driver ini bekerja di tegangan tinggi dan memakai sistem 3 tingkat. Jika transistor tidak kuat dapat menyebabkan jebol ketika di geber dilapangan. Untuk mengatasi hal ini dengan menambah jumlah transistor sebagai penguat akhir. Untuk meringankan beban transistor final dan menambah resistor pembatas bagian basis transistor final.

Permasalahan yang muncul dan Gejala

Permasalahan kali ini ada pada resistor yang terbakar pada bagian R ukuran 10ohm 1W. Gejala yang ditimbulkan resistor 10ohm 1w panas. Jika di pakai dalam jangka waktu lama resistor 10ohm ini akan berasap tapi amplifier tetap bekerja dengan normal tanpa ada cacat audio.

Resistor ukuran 10ohm 1w pada driver jenis yiroshi, berfungsi sebagai resistor pembatas tegangan untuk mensupply transistor op AMP 2N1555 dan 2N1504. Sehingga jika ada masalah di bagian sekitaran transistor tersebut sering terjadi kebakar.

Tapi perspektif tersebut tidak sesuai dengan fakta. Resistor 10ohm1w ini terbakar bukan karena transistor driver yang bermasalah. Tapi penyebabnya karena korupnya tegangan bagian negatif power supply power amplifier.

✅Baca Juga :  Cara Membuat Volume Power Amplifier Menggunakan LPF

Setelah saya ukur tegangan positif dan negatif secara simetris ternyata tegangan positif dan negatif mempunyai selisih tegangan sekitar 10V. Penyebanya karena elco primer kering di bagian negatif.

saya kira kerusakan ini karena bagian transistor final ternyata hanya keringnya elco 10000 uf pada bagian tegangan negatif.

Kata Penutup

Itu saja yang solderpanas sampaikan tentang Memperbaiki Amplifier Yiroshi R 10 Ohm Terbakar Terus, sekian dan terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.