Penyebab dan Solusi Oli Mesin Mobil Cepat Berkurang

Penyebab dan Solusi Oli Mesin Mobil Cepat Berkurang

Masalah tiba-tiba oli mesin mobil cepat sekali berkurang sudah sering terjadi, sehingga sering menimbulkan masalah pada kendaraan. Penyebab oli mesin berkurang sendiri cukup beragam. Untuk mengetahui penyebab yang pasti, biasanya dapat diketahui dari gejala yang bisa dilihat pada mobil.

Oli sendiri mempunyai peran yang penting bagi kendaraan termasuk mobil. Fungsi Oli yaitu untuk menahan gesekan antar komponen mesin mobil supaya tidak cepat aus dan rusak.

Dalam pemakaiannya, oli akan mengalami penguapan sekitar 10% dari volume total. Jika sudah melebihi itu, maka harus segera dicari penyebabnya.

 

Faktor yang Menyebabkan Oli Mesin Mobil Cepat Berkurang

Wajar jika volume oli mesin berkurang karena pemakaian. Biasanya, volume oli akan mengalami penguapan sekitar 10% dari volume total ketika sedang penggantian oli.

Jika oli mesin berkurang dengan sangat cepat, mungkin salah satu penyebabnya ada di bawah ini.

 

  • Seal Mesin Bocor

Faktor yang menyebabkan cepat berkurangnya oli mesin bisa jadi akibat adanya kebocoran mesin. Sebenarnya kebocoran mesin ini merupakan kebocoran yang terjadi pada seal packing yang letaknya berada di sela bagian sambungan mesin.

Pada semua kendaraan bermotor, baik itu mobil maupun motor, menggunakan seal pada bagian sambungan mesin. Dikarenakan pemakaiannya yang cukup lama, maka seal tersebut akan mengeras, dan  seal bisa berakibat mengalami robek.

Akibat rusaknya seal pada bagian sambungan mesin tersebut, maka oli mesin pun akan cepat sekali mengalami penguapan sehingga cepat habis.

Hal ini bisa diketahui dengan melihat seal pada bagian sambungan mesin. Jika terdapat rembesan oli di tempat tersebut, itu berarti seal mengalami kerusakan.

 

  • Kerusakan Pada Ring Piston

Oli mesin mobil yang cepat habis bisa juga disebabkan karena adanya kerusakan pada ring piston atau seher. Kerusakan ini bisa dilihat dari asap knalpot yang berwarna putih, yang kadang terjadi ketika mesin mobil dinyalakan.

Keluarnya asap putih pada knalpot terjadi karena oli yang ikut terbakar ketika sedang terjadi proses pembakaran pada mesin mobil. Oli mesin yang terbakar tersebut kemudian akan masuk ke dalam piston, dan pada akhirnya akan keluar dalam bentuk asap yang berwarna putih.

Warna asap putih yang keluar dari knalpot mobil ini juga bisa digunakan untuk mengetahui tingkat keparahan kerusakan yang terjadi. Dengan semakin pekat asap putih yang keluar, maka itu tandanya tingkat kerusakan sudah semakin parah.

 

  • Kerusakan Pada Ring Seher (Penahan Oli Pada Ruang Pembakaran)

Terkadang, ring seher, yaitu penahan oli pada ruang pembakaran sudah tidak berfungsi dengan baik lagi. Komponen ini tidak bisa untuk menahan oli sehingga oli pun dapat masuk ke ruang pembakaran, ketika terjadi proses pembakaran.

Ketidakmampuan ring seher menahan oli dan menyebabkan oli masuk merembes ke ruang pembakaran tersebut, akan menyebabkan oli cepat mengalami penguapan dan berkurang. Akibat lainnya yaitu akan terjadi keluarnya asap putih dari knalpot ketika mesin sedang dinyalakan.

Kondisi ring seher yang sudah tidak bisa untuk menahan oli tersebut, akan bertambah parah jika mobil melaju dengan lebih kencang.

Ketika mobil sedang melaju dengan kencang, maka akan semakin banyak juga oli yang merembes masuk ke ruang pembakaran, dan akan semakin cepat pula oli akan berkurang dan habis.

 

  • Kualitas Oli Kurang Bagus (Tidak tahan panas, mudah memuai)

Kualitas oli pada mesin mobil yang kurang bagus juga bisa menjadi penyebab oli mesin mobil cepat berkurang dan habis.

Seperti yang kita tahu, bahwa oli berfungsi sebagai pelumas untuk menahan gesekan antar bagian pada mesin mobil. Kualitas oli mesin ini juga bermacam-macam, ada yang bagus dan adapun juga yang tidak.

Oli yang berkualitas bagus, tidak akan cepat panas ketika digunakan. Dengan begitu, mesin mobil juga tidak akan cepat panas, dan juga oli akan awet dan tidak akan cepat habis atau berkurang.

Maka sebaliknya jika oli dengan kualitas kurang bagus, maka akan cepat sekali menjadi panas, dan akhirnya akan cepat berkurang dan habis.

Kualitas oli yang kurang bagus rawan menyebabkan mesin mobil mengalami kerusakan, jika mobil sering digunakan untuk melakukan perjalanan jauh.

Jika mesin mobil yang bekerja dalam keadaan panas dan menggunakan oli yang tidak tahan terhadap panas maka akan menyebabkan oli cepat berkurang.

 

Cara untuk Mengatasi Oli Mesin Mobil yang Cepat Berkurang

Untuk mengatasi oli mesin yang cepat berkurang dapat dilakukan dengan mengetahui penyebab dari cepat berkurangnya oli mesin tersebut.

Dikarenakan penyebab oli cepat berkurang ada bermacam-macam, maka cara untuk mengatasinya juga bisa dilakukan dengan bermacam-macam cara, seperti yang ada dibawah ini.

 

  • Mengganti Seal Mesin Yang Rusak

Seal mesin rusak merupakan salah satu penyebab oli mesin cepat berkurang. Untuk mengatasinya, maka  kalian harus mengganti seal mesin yang rusak tersebut dengan yang baru.

Seal sendiri merupakan bagian yang ada pada bagian sambungan mesin. Fungsi seal yaitu untuk mencegah oli mengalami bocor dan masuk ke ruang pembakaran mesin. Jika seal sudah mengeras dan robek, maka seal tersebut harus diganti dengan yang baru.

 

  • Mengganti Ring Seher yang Sudah Rusak

Fungsi dari ring seher adalah untuk menahan agar oli tidak masuk ke piston saat terjadi proses pembakaran. Seiring lamanya pemakaian, maka ring seher akan mengalami keadaan yang dimana alat tersebut tidak bisa lagi menahan oli, sehingga oli pun bisa masuk ke piston.

Jika keadaan ini terjadi, maka akan ditandai dengan adanya asap putih yang keluar pada knalpot, jika sudah begitu sebaiknya segera dilakukan penggantian ring seher dengan yang baru.

Karena jika membiarkan hal tersebut, akan menyebabkan oli cepat berkurang dan dapat berakibat pada kerusakan mesin mobil.

 

  • Menggunakan Oli Dengan Kualitas Yang Bagus

Menggunakan oli yang berkualitas bagus dapat menjadi solusi dari kondisi oli mobil yang cepat berkurang.

Seperti yang tadi sudah dibahas, oli yang bagus mempunyai ketahanan yang cukup kuat terhadap panas, sehingga tidak akan menyebabkan oli cepat menguap dan habis.

Dengan menggunakan oli mesin yang berkualitas bagus, maka secara tidak langsung akan ikut menjaga  mesin mobil agar awet dan tidak cepat rusak.

Oli yang berkualitas bagus tidak akan cepat panas dan awet, sehingga bisa terus-menerus melumasi mesin sehingga mesin tidak cepat aus dan rusak.

 

  • Sering Melakukan Pengecekan Pada Bagian Mesin Mobil

Langkah terakhir yang harus dilakukan yaitu sering melakukan pengecekan pada bagian mesin, dan tidak terlambat untuk melakukan penggantian oli.

Dengan sering melakukan pengecekan, maka akan segera diketahui jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang janggal pada mesin mobil.

Misalnya seperti melakukan pengecekan secara rutin ke bengkel. Jika sudah diketahui ada sebuah kerusakan yang menyebabkan oli cepat berkurang, maka segeralah untuk melakukan perbaikan atau penggantian, sehingga kerusakan tidak bertambah parah.

Berbagai penyebab dari oli mesin mobil berkurang secara tidak wajar, maka harus diketahui oleh para pemilik kendaraan. Dengan mengetahui penyebabnya, maka akan bisa diketahui juga secara pasti langkah apa saja yang harus dilakukan untuk mengatasinya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.