Negara asia tenggara yang berbentuk republik

Negara asia tenggara yang berbentuk republik…

Jawaban :

Negara-negara di Asia Tenggara yang pemerintahannya berbentuk republik diantaranya yaitu, Indonesia, Myanmar, Singapura, Laos, Vietnam, dan Filiphina.

Penjelasan :

Secara sederhana, republik adalah bentuk pemerintahan yang negaranya dijalankan berdasarkan prinsip kedaulatan rakyat, negara yang berbentuk republik dikepalai oleh seorang presiden. Berikut adalah negara-negara di Asia Tenggara yang pemerintahannya berbentuk republik:

1. Indonesia adalah negara berbentuk republik dengan sistem presidensial artinya, kepala negara dan kepala pemerintahannya dipegang oleh seorang presiden.

2. Myanmar adalah negara berbentuk republik, namun Myanmar memiliki sistem parlementer artinya, negara ini memisahkan kepala negara dengan kepala pemerintahan. Kepala negara di Myanmar dipegang seorang presiden, tapi kepala pemerintahannya dipegang oleh seorang kanselir.

3. Sama dengan Myanmar, Singapura adalah negara republik dengan sistem parlementer. Kepala negara di negara ini dipegang oleh presiden, tapi kepala pemerintahannya dipegang oleh seorang perdana menteri.

4. Negara Laos juga berbentuk republik dengan sistem parlementer. Kepala negara di Laos dipegang oleh seorang presiden, tapi kepala pemerintahan adalah seorang perdana menteri.

5. Vietnam merupakan negara republik dengan sistem parlementer. Kepala negara di Vietnam dipegang oleh seorang presiden, tapi kepala pemerintahan adalah seorang perdana menteri.

6. Sama seperti Indonesia, Filipina merupakan negara republik dengan sistem presidensial. Artinya, kepala negara dan kepala pemerintahan sama-sama dipegang oleh seorang Presiden.

Maka bisa disimpulkan bahwa, negara-negara di Asia Tenggara yang pemerintahannya berbentuk republik diantaranya yaitu, Indonesia, Myanmar, Singapura, Laos, Vietnam, dan Filiphina.

Leave a Reply

Your email address will not be published.